KMI Hanya Sediakan 1.000 Unit New Kawasaki KLX Khusus Off Road




Kawasaki-KLX150-Off-Road-012

New Kawasaki KLX (tanpa 150) secara resmi telah melenggang ke pasar Indonesia dengan harga Rp 35,9 juta off the road di wilayah Jabodetabekser. Berbeda dengan Kawasaki KLX150G/KLX150 BF yang diciptakan sebagai motor dual sport dengan berbagai kelengkapan jalan raya dan dijual dalam bentuk on the road, New Kawasaki KLX diciptakan sebagai motor off road murni, sehingga tidak legal digunakan di jalan raya.

Deputy Head Sales Departement Marketing and Sales Division PT Kawasaki Motor Indonesia (KMI) Michael Chandra Tanadhi mengatakan kalau New Kawasaki KLX diimpor secara utuh dari Thailand. Untuk tahap awal, KMI hanya menyediakan 1.000 unit New Kawasaki KLX yang khusus digunakan untuk bermain off road ini. Namun, jika permintaan lebih tinggi lagi bukan tidak mungkin KMI kembali memesan New Kawasaki KLX dari Thailand. “Kalau permintaan lebih bisa saja di-order lagi ke Thailand,” beber dia.

Menurut Michael Chandra, dia optimis kehadiran New Kawasaki KLX dari Thailand tidak akan menggusur eksistensi dari Kawasaki KLX150G/KLX150 BF yang diproduksi sendiri oleh KMI di Indonesia. “Segmennya beda, ada konsumen yang masih mementingkan nilai jual kembali, mereka pasti akan beli KLX150 buatan Indonesia yang road legal dan dilengkapi Surat Tanda Nomor Kendaraan (STNK). Kalau KLX khusus off road ini kan dijual tanpa STNK. KLX khusus off road ini justru konsumennya mereka yang memang mau cari mainan, enggak memikirkan akan dijual kembali. Untuk di jalan raya sudah ada motor lain,” tutur Michael Chandra.



Kawasaki-KLX150-Off-Road-013

Yups, sebagai motor off road murni, New Kawasaki KLX tidak dilengkapi dengan berbagai kelengkapan jalan raya seperti lampu utama, lampu belakang, fender belakang, kaca spion, speedometer, lampu sign, dan lain-lain. Berbagai kelengkapan jalan raya itu absen pada New Kawasaki KLX. Namun, tidak adanya kelengkapan jalan raya bukan berarti membuat New Kawasaki KLX yang khusus untuk off road ini memiliki harga lebih murah. Pasalnya, New Kawasaki KLX benar-benar dilengkapi dengan part-part yang siap diajak off road, mulai dari swingarm dan velg aluminium yang membuat bobotnya hanya 99 kg saja, suspensi belakang dengan piggyback reservoir yang fully adjustable, gas spontan, gear belakang besar (57 mata) dan gear depan kecil (13 mata) membuat torsi semakin besar, hingga ban off road murni berukuran lingkar 18-21 inch lengkap dengan stopper/rim lock di bagian velg.

Dengan berbagai part yang disematkan, bisa dikatakan New Kawasaki KLX menjadi motor yang benar-benar siap diajak ber-off road ria. “Berangkat dari banyaknya penjualan Kawasaki KLX150 series, sebulan 3.500 unit tapi enggak pernah lihat di jalanan. Kebanyakan buat off road adventure. Konsumen beli masih harus modifikasi dan melepas semua perangkat lalu lintasnya. Nah ini langsung kami buatkan versi off roadnya,” kata Michael Chandra Tanadhi.

Kawasaki-KLX150-Off-Road-011

Advertisements