Tes Harian Benelli Zafferano 250 (6): Kelebihan, Kekurangan, dan Kesimpulan

Benelli-Zafferano-250-Adventuriderz-001

Setelah mencoba maxi scooter Benelli Zafferano 250 dalam tes harian beberapa waktu yang lalu, saya bisa menggali beberapa keunggulan dan kelemahan motor ini. Memang apa saja keunggulan dan kelemahan Benelli Zafferano 250? Apakah motor ini layak dibeli? Langsung saja cek ulasannya berikut ini ya!

Keunggulan

Sebagai motor maxi scooter, Benelli Zafferano 250 menawarkan keunggulan utama dalam hal kenyamanan. Nggak bisa dipungkiri, saat mengendarai motor ini kenyamanan begitu terasa, mulai dari riding position yang super santai, kaki bisa selonjoran, hingga jok yang super lebar dan empuk. Dijamin deh menggunakan Benelli Zafferano 250 dalam waktu yang lama maupun untuk jarak jauh tidak akan membuat badan cepat lelah. Apalagi bentuknya yang besar dan bobotnya yang lumayan mantap membuat Benelli Zafferano 250 sangat anteng digeber dalam kecepatan tinggi.

Keunggulan berikutnya yang ada pada Benelli Zafferano 250 terletak pada ruang akomodasi yang begitu lapang. Yups, ruang bagasi di bawah jok memang sangat besar, bahkan bisa digunakan untuk menyimpan dua buah helm sekaligus. Kalau tidak diisi dengan helm, ruang bagasi di bawah jok ini tentu saja bisa digunakan untuk menyimpan cukup banyak barang. Malah untuk kebutuhan touring selama 2-3 hari, barang-barang bawaan seperti pakaian bisa ditaruh di ruang bagasi di bawah jok ini saja tanpa perlu repot membawa tas maupun menambah box sebagai ruang bagasi tambahan.

  • Memberikan kenyamanan saat riding jarak jauh
  • Ruang bagasi luas
  • Built quality bagus
  • Twin disc brake di bagian depan
  • Power dan torsi besar
  • Konsumsi bahan bakar tergolong irit di kelasnya

Kekurangan

Ada keunggulan tentu saja ada kekurangan… Menurut saya wujud Benelli Zafferano 250 yang besar, sangat besar malah, memberikan keunggulan sekaligus kelemahan. Berkat ukurannya yang jumbo itu membuat Benelli Zafferano 250 sulit mendapatkan ruang parkir. Ditambah lagi bobotnya yang mencapai 155 kg membuat rider mendapatkan PR besar ketika harus memarkirkan motor ini. Terlebih umumnya parkiran motor di Indonesia, terutama di kota-kota besar, bisa dibilang kurang motorsiawi. Beberapa mall memang memberikan privilege ruang parkir terhadap motor-motor besar. Sayangnya itu hanya untuk motor dengan kapasitas mesin di atas 250 cc maupun scooter bermerek Vespa, sedangkan Benelli Zafferano 250 yang menggunakan mesin 250 cc tidak termasuk di dalamnya. Selain itu, berkat bobot besarnya itu membawa Benelli Zafferano 250 sulit melakukan manuver selap-selip ketika menemui kemacetan.

  • Sulit mendapatkan parkir
  • Sulit bermanuver di tengah kemacetan
  • Tarikan awal agak lemot
  • Ada vibrasi ketika motor berada di kecepatan 10-20 km/jam

Kesimpulan

Rasanya Benelli Zafferano 250 sangat cocok dipinang oleh rider yang mendambakan kenyamanan dalam berkendara. Namun menurut saya motor ini lebih pas digunakan sebagai kendaraan touring untuk melakukan perjalanan jarak jauh dan sesekali dipakai untuk keliling kota di akhir pekan. Kalau digunakan sebagai kendaraan komuter memang terasa kurang praktis karena body-nya yang besar, lebar, panjang, plus bobotnya yang berat. Harga yang ditawarkan oleh Benelli untuk motor ini juga tergolong masuk akal. Di Surabaya, Benelli Zafferano 250 dijual dengan harga Rp 49 jutaan. Harga ini masih jauh lebih murah dibandingkan dengan maxi scooter yang juga super gambot seperti Suzuki Burgman 200 yang mencapai Rp 57 jutaan di Jakarta atau SYM GTS 250i yang dijual dengan harga Rp 67 jutaan di Jakarta. So, Benelli Zafferano 250 memang lebih value ketimbang para kompetitornya. Namun, rencana kehadiran Yamaha NMAX 250 bukan mustahil bisa mengganggu eksistensi Benelli Zafferano 250. Apalagi kalau Yamaha membandrol Yamaha NMAX 250 dengan harga yang agresif seperti saat meluncurkan Yamaha NMAX 155.

Benelli-Zafferano-250-Adventuriderz-023

Advertisements