• Home »
  • Article »
  • Motor Adventure-Tourer 250 cc dari Viar Siap Dipamerkan di PRJ 2016

Motor Adventure-Tourer 250 cc dari Viar Siap Dipamerkan di PRJ 2016

viar-adventure-tourer-250-cc.jpg

Belakangan ini memang ramai dibicarakan oleh berbagai media kalau Viar sedang mempersiapkan motor adventure-tourer dengan kapasitas mesin 250 cc. Tim dari Viar terus melakukan pengujian terhadap motor tersebut sebelum siap diluncurkan. Strategi dari Viar ini tergolong cukup cerdik. Mereka sepertinya sadar, akan sulit kalau mengeluarkan produk yang head-to-head dengan brand Jepang. Oleh karena itu, diferensiasi merupakan langkah yang lebih tepat daripada masuk ke segmen yang sudah penuh sesak. Saat ini Viar sudah sukses di segmen motor roda tiga dan trail, kemudian berancang-ancang masuk ke segmen motor adventure-tourer 250 cc yang belum ada pemainnya.

Pada dasarnya motor adventure-tourer 250 cc yang akan dikeluarkan oleh Viar identik dengan Zongshen RX3 di China atau Cyclone RX3 di Amerika Serikat. Tentu saja Zongshen RX3 bukanlah produk yang kacangan, karena bisa masuk ke pasar Amerika Serikat yang dikenal memiliki regulasi sangat ketat. Viar sendiri memang terafiliasi dengan Zongshen, salah satu produsen engine motor terbesar di China. Bahkan motor trail flagship Viar Cross X 250 SE pun disuplai oleh Zongshen. Jadi nggak ada salahnya kalau kerjasama itu berlanjut ke motor adventure-tourer Zongshen RX3.

Sampai saat ini Viar masih belum memberikan nama terhadap sosok calon motor adventure-tourernya tersebut. Beberapa kali saya mencoba menanyakan kepada pihak internal Viar, tapi berkali-kali juga dijawab kalau motor itu belum ada namanya. “Belum ada mas. Soalnya kita masih mau lihat pangsa pasarnya dulu,” tutur seorang sumber internal Viar. Meskipun demikian, motor adventure-tourer 250 cc dari Viar dipastikan nongol di Jakarta Fair Kemayoran alias Pekan Raya Jakarta (PRJ) 2016 yang berlangsung mulai 10 Juni 2016 hingga 17 Juli 2016. Malah dalam foto yang diunggah oleh fanspage viarmotor di Facebook, motor itu sudah nongkrong dengan gagah di dalam booth pada pameran yang dimulai hari ini tersebut. Monggo pantengin penampakannya pada foto di atas, motor sudah lengkap dengan pannier box di kanan-kiri dan atas! Keren kan?

Ada yang sudah tertarik meminang motor adventure-tourer 250 cc dari Viar? Sepertinya harus bersabar dulu. Motor ini kemungkinan belum akan diluncurkan dalam waktu dekat. Di ajang PRJ 2016 Viar hanya sekedar memperkenalkan produk kepada publik, belum peluncuran. Dari sana, Viar bakal menggali ketertarikan publik terhadap produk baru ini. Jika memang animo publik bagus, tentu saja produk berpeluang besar untuk diluncurkan. Tapi kalau memang animonya kurang, ya bukan tidak mungkin Zongshen RX3 hanya sebuah impian!

Viar-Zongshen-RX3-001

Advertisements