• Home »
  • Article »
  • Harga Setara, Pilih Kawasaki KLX Off Road atau Viar Cross X 250 SE?

Harga Setara, Pilih Kawasaki KLX Off Road atau Viar Cross X 250 SE?

Tabel-Komparasi-Spesifikasi-New-Kawasaki-KLX-vs-Viar-Cross-X-250-SE-001

Kawasaki Motor Indonesia baru saja meluncurkan motor khusus off road New Kawasaki KLX (tanpa 150). Dengan kapasitas mesin 150 cc, New Kawasaki KLX dibandrol dengan harga yang cukup fantastis, sebesar Rp 35,9 juta off the road Jakarta, jauh lebih mahal dibandingkan dengan Kawasaki KLX150 BF Special Edition sekalipun! Padahal di harga yang sama, bahkan sedikit lebih murah, ada Viar Cross X 250 SE yang jelas-jelas memiliki mesin lebih besar, lebih powerful, dan lebih torque. Kira-kira lebih menarik mana ya, beli New Kawasaki KLX atau Viar Cross X 250 SE buat bermain off road?

Highlight New Kawasaki KLX

Dibandrol dengan harga yang tinggi untuk kelas motor 150 cc sebenarnya keunggulan utama New Kawasaki KLX khusus off road hanya terletak pada bobotnya saja. Sebagai motor off road, bobot New Kawasaki KLX memang tergolong ringan, hanya 99 kg, berkat pengaplikasikan swing arm dan velg dari bahan aluminium. Bobot yang ringan ini membuat rider tidak cepat lelah ketika bermain off road. Kemudian suspensi belakangnya bisa dikatakan serius dengan mengaplikasikan mono shock yang dilengkapi piggyback reservoir. Suspensi ini pun bersifat fully adjustable yang bisa disetel preload, compression, dan rebound dumping-nya. Keunggulan lainnya, New Kawasaki KLX memiliki ground clearance yang tinggi (315 mm), namun seat height motor ini hanya 860 mm, sehingga sangat bersahabat bagi kebanyakan orang Indonesia.

Kawasaki-KLX150-Off-Road-012

Sayangnya, mesin New Kawasaki KLX masih sama dengan Kawasaki KLX150G/KLX150 BF yang dijual secara on the road oleh KMI. New Kawasaki KLX masih mengandalkan mesin usang dengan kapasitas 144 cc, SOHC, 4-stroke, 2-valve dengan pendingin udara. Imbasnya, tenaga dan torsi yang dikeluarkan oleh New Kawasaki KLX pun sangat minimalis. Motor ini hanya mampu mengeluarkan tenaga sebesar 11,3 HP di putaran mesin 8.000 rpm, sedangkan torsi maksimalnya sebesar 12 Nm di putaran mesin 6.500 rpm. Meskipun KMI mengklaim New Kawasaki KLX dirancang siap langsung digunakan bermain off road adventure, saya tidak yakin dengan mesin standar bisa melewati handicap maupun tanjakan-tanjakan tinggi.

Highlight Viar Cross X 250 SE

Viar Cross X 250 SE sekarang dibandrol dengan harga Rp 34,63 juta off the road di wilayah Jakarta. Ya harganya bisa dikatakan head-to-head dengan New Kawasaki KLX, meskipun untuk Viar Cross X 250 SE lebih murah. Karakteristik Viar Cross X 250 SE justru berkebalikan dengan New Kawasaki KLX. Kalau New Kawasaki KLX mengandalkan mesin 144 cc dengan tenaga minimalis, Viar Cross X 250 SE justru mengumbar tenaga yang besar melalui mesin 249,6 cc SOHC, 4-stroke, 4-valve, dengan sistem pendinginan radiator. Powernya bahkan lebih dari dua kali lipat kalau dibandingkan dengan New Kawasaki KLX, yaitu sebesar 19 kW yang setara dengan 25,5 HP di putaran mesin 9.000 rpm, sedangkan torsi maksimalnya sebesar 23 Nm di putaran mesin 7.000 rpm. Dengan tenaga dan torsi yang besar itu, tidak mengherankan kalau Viar Cross X 250 SE begitu mudah menaklukkan berbagai handicap yang ekstrem!

VIAR-Cross-X-250-020

Soal desain, Viar Cross X 250 SE juga jauh lebih ganteng dibandingkan dengan New Kawasaki KLX. Sosoknya yang tinggi jangkung sudah sangat bisa dipadankan dengan motor-motor off road CBU. New Kawasaki KLX dijamin terlihat mungil kalau berdampingan dengan Viar Cross X 250 SE. Sayangnya, kelemahan utama Viar Cross X 250 SE sebagai motor off road justru terletak pada bobotnya. Bobot Viar Cross X 250 SE adalah 126 kg alias berselisih 27 kg dibandingkan dengan New Kawasaki KLX. Bobot yang berat memang bakal menyulitkan rider ketika melewati jalur off road yang berat, terutama di single track. Kecuali kalau ridernya benar-benar strong sih nggak ada masalah. Perbandingan lengkapnya bisa dilihat di tabel berikut:

Tabel-Komparasi-Spesifikasi-New-Kawasaki-KLX-vs-Viar-Cross-X-250-SE-002

Kesimpulan

Terus bagusnya pilih mana? New Kawasaki KLX atau Viar Cross X 250 SE untuk bermain off road? Balik lagi ke preferensi masing-masing sih mas bro… Kalau pengen motor yang enteng ya pilih New Kawasaki KLX, dengan konsekuensi mesin masih lemot. Bagian mesin masih perlu dioprek lebih lanjut biar bener-bener siap dan tangguh untuk melibas berbagai kondisi medan off road. Di sisi lain, mesin Viar Cross X 250 SE jauh lebih superior. Viar Cross X 250 SE bisa dibilang motor yang sudah jadi alias tinggal ngegas dan harga lebih murah. Kelemahannya Viar Cross X 250 SE ini bobotnya berat. Memang agak nggak adil membandingkan spesifikasi mesin 150 cc dan 250 cc. Tapi faktanya kedua motor berada di range harga yang sama. Monggo tentukan pilihan masing-masing!


Advertisements