Konsep BMW R NineT GS: Perpaduan Antara Classic dan Adventure

BMW-R-NineT-GS-Lac-Rose-Concept-001

BMW Motorrad baru saja mengeluarkan konsep motor yang benar-benar ciamik, BMW R NineT GS. Konsep motor ini terinpirasi dari motor BMW G/S series yang memenangkan lomba balap motor off road ekstrem, Rally Dakar, pada tahun 1985. Apakah dengan dikeluarkannya konsep BMW R NineT GS mengindikasikan kalau BMW Motorrad berencana membuatnya sebagai produk massal?

Soal desain rasanya tidak perlu komplain lagi, konsep BMW R NineT GS begitu cantik dengan memadukan antara unsur classic dan adventure dalam satu kesatuan. Bentuk tangkinya motor konsep ini masih menggunakan standar milik BMW R NineT yang terlihat classic, mirip tangki GS classic seperti BMW R 80 GS atau BMW R 1050 GS yang menggembung bulat. Bentuk tangki BMW R NineT yang sudah terlihat classic itu kemudian dipadukan dengan headlamp bulat dan windshield mungil, front fender tinggi, ban off road, dan mengandalkan single seater lengkap dengan nomor 101. Seluruh bagian itu lalu dipadu dengan warna dominan orange dan putih dan striping biru yang mirip seperti BMW G/S pemenang Rally Dakar 1985. Benar-benar sempurna!

BMW Motorrad sendiri mengatakan kalau desain motor konsep BMW R NineT GS mengacu kepada motor BMW G/S yang menang Rally Dakar di tahun 1985. Mesinnya sendiri tetap mengandalkan mesin bersejarah 1.170 cc boxer-twin dengan pendingin udara yang sudah terpasang pada BMW R NineT. Oh ya, motor konsep ini diberi nama ‘Concept Lac Rose’. BMW Motorrad menuturkan, BMW R NineT GS merupakan motor roadster yang cool dengan kemampuan off road, sehingga rider bisa leluasa menjelajah mulai dari jalan aspal hingga ke medan off road. Sepertinya memang sangat menarik kalau BMW R NineT GS tidak hanya sekedar motor konsep, tapi benar-benar diproduksi massal!

BMW-R-NineT-GS-Lac-Rose-Concept-002

BMW-R-NineT-GS-Lac-Rose-Concept-003

BMW-R-NineT-GS-Lac-Rose-Concept-004

BMW-R-NineT-GS-Lac-Rose-Concept-005


Advertisements