SYM Pamerkan Prototipe Motor Retro 300 cc di Jakarta Fair 2016



SYM_Scrambler_300_Jakarta_Fair

SYM merupakan brand motor asal Taiwan yang kurang terdengar gaungnya di Indonesia. Produk yang dipasarkan oleh SYM memang cukup segmented karena jualan utamanya berupa maxi scooter dengan kapasitas mesin besar dan harganya tidaklah murah. Namun, di ajang Jakarta Fair 2016 SYM berupaya memikat publik dengan memamerkan prototipe motor retro dengan kapasitas mesin 300 cc. Ntah motor ini sebenarnya masuk ke dalam kategori mana, apakah motor modern classic atau scrambler. Satu yang pasti, desain motor retro 300 cc yang dipajang oleh SYM cukup oke!

Managing Director PT Sanyang Industri Indonesia Wilianto mengatakan seperti yang dilansir oleh Naik Motor bahwa motor yang dipamerkan itu baru sebatas prototipe. SYM belum memproduksi motor retro 300 cc tersebut dan kemungkinan besar baru akan diluncurkan di Indonesia pada tahun 2017 mendatang. “Ini motor masa depan dari SYM, rencanya tahun depan akan kami luncurkan (di Indonesia),” ungkap Wilianto.

Selayaknya motor retro, produk milik SYM menggunakan tangki bahan bakar berukuran besar dengan bentuk membulat, dikombinasikan dengan headlamp, lampu sign, kaca spion, dan konsol speedometer yang serba bulat serta suspensi depan model teleskopik dan suspensi belakang model stereo, memang mengindikasikan kalau ini memang motor retro. Unsur modern pada motor ini terlihat di bagian mesin yang sudah menggunakan mesin model terkini dengan sistem pendinginan radiator. Selain itu, SYM lebih memilih memasangkan velg model casting wheel ketimbang spoke wheel pada motor retronya.



Salah satu hal yang membuat penasaran, kira-kira berapa bandrol yang akan ditetapkan oleh SYM terhadap motor 300 cc ini? Seperti diketahui, motor dengan kapasitas mesin di atas 250 cc sampai dengan 500 cc dikenakan PPN BM sebesar 60 persen. Jelas saja motor 300 cc sulit dibandrol dengan harga yang menarik. Tapi ya mungkin ini spesialisasi SYM, menjual produk dengan harga mahal meskipun tidak bisa mendapatkan volume yang banyak. Selain SYM, Viar Motor Indonesia juga memamerkan prototipe motor scrambler 400 cc di Jakarta Fair 2016. Bedanya produk yang dipamerkan oleh Viar tampak jauh lebih classic dibandingkan dengan SYM, walaupun kedua produk sama-sama sulit dibandrol dengan harga yang terjangkau. Kira-kira berapa harga yang pantas untuk motor retro 300 cc dari SYM ya?

Advertisements