Kepala R&D KTM Nilai Freeride 250 R Sebagai Motor Off Road Terbaik

KTM-Freeride-250-R-007

KTM sudah sejak lama dikenal sebagai produsen motor off road yang berkualitas tinggi, tangguh, dan memiliki performa bagus. Tidak sedikit konsumen yang mengakui kedahsyatan motor off road KTM, baik itu yang menggunakan mesin 2-stroke maupun 4-stroke. Lalu, model motor off road manakah yang menjadi motor terbaik dari seluruh lineup yang dimiliki oleh KTM? Pertanyaan ini tentu saja bakal mengundang jawaban yang beragam, tergantung dari karakter berkendara hingga karakter track yang sering dilewati oleh masing-masing rider. Namun, bagaimana kalau pertanyaan ini diajukan kepada Head of Research and Development (R&D) KTM Philipp Habsburg?

Ternyata jawaban yang keluar dari Philipp Habsburg terbilang cukup menarik. Menurutnya motor off road terbaik yang pernah dibuat oleh KTM bukanlah KTM 300 EXC (2T) yang dikenal memiliki power to weight ratio (PWR) luar biasa, bukan pula KTM 500 EXC-F (4T) yang punya tenaga super beringas. Seperti dilansir Enduro Illustrated, Habsburg justru memilih KTM Freeride 250 R (2T) sebagai motor off road terbaik yang pernah dibuat oleh KTM.

“Bagi saya pribadi, untuk motor off road terbaik adalah Freeride 250 R. Karena saya mengendarai motor enduro, tetapi tidak berada di level yang sangat baik. Bagi saya Freeride 250 2-stroke merupakan motor yang sempurna dikendarai di bukit-bukit, bebatuan, dan di mana saja. Dengan KTM Freeride 250 mudah menggapai tanah (pendek) dan ringan. Sama seperti kebanyakan orang, saya pikir tenaga 27 HP sudah cukup,” ujar Philipp Habsburg dalam majalah yang khusus mengulas mengenai dunia enduro tersebut.

KTM Freeride 250 R bisa dikatakan motor enduro yang cukup unik. Secara fisik seperti gabungan antara motor enduro dan trial dengan bobot yang ringan dan seat height lebih bersahabat dibandingkan dengan varian EXC/EXC-F. Walaupun mesinnya sama-sama 250 cc 2-stroke seperti KTM 250 EXC, tapi powernya jauh lebih rendah. KTM 250 EXC memiliki power sekitar 52 HP. Bagi rider amatiran, pemula, maupun rider dengan skill pas-pasan, power sebesar itu untuk motor off road jelas terlalu beringas. Sedangkan KTM Freeride 250 R hanya memiliki power 27 HP yang jauh lebih bersahabat bagi kebanyakan rider. Apalagi kalau hanya untuk fun off road atau trail adventure sebagai kegiatan akhir pekan, bukan untuk kompetisi, nggak perlu motor dengan power yang begitu besar. Gimana menurutmu mas bro, apakah setuju dengan pendapat Philipp Habsburg?

KTM-Freeride-250-R-003

Advertisements