• Home »
  • Article »
  • Indikasi Semakin Kuat… Kode K84A Adalah Trail Honda Bermesin Verza!

Indikasi Semakin Kuat… Kode K84A Adalah Trail Honda Bermesin Verza!

Honda-CRF150F-2015-013

Kode project K84A memang sudah agak lama keluar dan disinyalir kuat sebagai calon motor trail dari Astra Honda Motor (AHM) dengan mesin 150 cc. Walaupun kodenya sudah berseliweran sejak lama, tapi sampai sekarang masih belum cukup jelas sampai mana kelanjutan project K84A. Terus gimana kabar terbaru mengenai kode project K84A? Sejauh mana proses pengembangannya? Pasti banyak yang dibuat penasaran oleh Honda K84A!!

Update terbaru mengenai kode project K84A dihembuskan oleh blogger kondang Om Taufik TMCblog. Menurutnya, sudah ada pandangan mata yang menginformasikan kalau kode project K84A merupakan motor sport yang memiliki empat buah baut di dudukan stem comp bawah alias segitiga (T) bawah. Kemudian motor ini juga memiliki suspensi depan yang panjang. Artinya apa? Kemungkinan besar empat buah baut itu sebagai dudukan front fender yang bersifat statis, tidak ikut bergerak seiring dengan gerakan ban, kemudian ditambah dengan suspensi depan yang panjang sangat mengindikasikan kalau K84A merupakan calon motor trail lokal buatan AHM dengan ciri khas jarak antara roda dan front fender cukup tinggi.

Kemudian informasi dari sumber lain yang bisa dipercaya mengatakan kalau K84A masih memiliki hubungan erat dengan Honda MegaPro atau Honda Verza. Dengan begitu kita bisa mendapatkan kesimpulan awal bahwa kode project K84A merupakan motor trail lokal buatan AHM dengan mesin 150 cc yang identik dengan milik Honda Verza, berupa mesin SOHC, 4-stroke, 2-valve, dan berpendingin udara. Basis mesin yang sama sebenarnya juga sudah dipasang pada motor off road produk global seperti Honda CRF150F. Hal itu memang tidak mengherankan karena basis mesin Honda Verza dikenal irit, bandel, perawatan mudah dan murah, biaya produksi murah, serta memiliki performa yang cukup mumpuni.

Sayangnya sampai sekarang masih belum diketahui apa nama sosok calon motor trail lokal 150 cc dari AHM. Mungkin untuk sementara waktu bisa disebut dengan Honda CRF150L, mengacu pada model motor dual sport 250 cc milik Honda yang disebut dengan Honda CRF250L. Kenapa kok motor trail AHM masuk ke dalam kategori dual sport? Karena bakal dijual secara on the road untuk melawan dominasi Kawasaki KLX150 series. Jadi bukan motor off road murni. Tapi kalaupun mau digunakan sebagai motor off road, ubahannya tidaklah begitu banyak. Kapan meluncur? Tentu saja hal ini masih menjadi tanda tanya. Kabarnya motor trail 150 cc dari AHM baru keluar setelah Honda CBR250RR diluncurkan ke pasaran. Kemungkinan besar sih tahun 2017!

Honda-CRF150F-2015-014

Advertisements