Juli 2016, Motor Buatan Portugal AJP PR4 Hadir di Indonesia

AJP-PR4-001

Mundur dari jadwal yang sudah ditetapkan, brand motor asal Portugal, AJP Motos, kemungkinan besar baru akan hadir di Indonesia pada Juli 2016 melalui Bruder Motorsport Internasional (BMI). Awalnya Bruder Motorsport merencanakan produk buatan AJP masuk ke Indonesia pada Mei 2016 lalu. Namun karena masih perlu menyelesaikan permasalahan dokumen, maka kehadiran AJP di Indonesia ditunda hingga Juli 2016. Semoga aja nggak mundur lagi deh! “AJP lagi nyangkut di sana. Ada beberapa dokumen yang harus diselesaikan lagi. Insya Allah bulan depan (Juli) ya bro. Doain,” ujar Alberto Spadola dari Bruder Motorsport Internasional saat berbincang-bincang dengan Adventuriderz.com.

Untuk tahap awal nanti, Bruder Motorsport yang juga menjadi distributor resmi Beta Motorcycle di Indonesia baru akan memasukkan AJP PR4 saja dengan mesin sebenarnya mirip Honda Tiger tapi berkapasitas 233 cc, sedangkan AJP PR5 yang merupakan motor enduro flagship bermesin 250 cc belum akan masuk mengingat harganya sulit dijangkau kalangan menengah dan menengah ke bawah. “PR5 nggak dimasukin. Harganya nggak cocok sama yang (kalangan) menengah dan menengah ke bawah. Jadi coba PR4 dulu,” tutur pria yang akrab disapa Beto ini.

Kabar baiknya, AJP PR4 yang didatangkan oleh Bruder Motorsport merupakan motor homologasi street legal. Artinya, AJP PR4 bisa dibeli secara on the road alias full paper. Selain bisa diajak bermain off road, juga bisa dipakai riding di jalan raya. Selain menyediakan AJP PR4 versi enduro, Bruder Motorsport juga bakal menyediakan AJP PR4 versi supermoto untuk memberikan pilihan kepada konsumen yang menginginkan motor ala trail tapi hanya digunakan on road saja. “Kita sediain ban supermoto kok,” jelas Beto.

AJP PR4 sendiri bisa dikatakan sebagai motor trail yang memiliki desain unik. Desainnya cenderung kaku dengan sasis yang unik berbentuk segitiga dari bahan composite (perpaduan antara besi dan aluminium). Mesinnya berkapasitas 233 cc, SOHC, 4-stroke, 2-valve, dan berpendingin udara. Miriplah dengan mesin Honda Tiger atau Honda CRF230F. Apalagi sistem pembakaran masih menggunakan karburator 30 mm. Mesin ini tergolong powerful karena mampu memuntahkan power sebesar 20 HP di putaran mesin 8.000 rpm, sementara torsi maksimalnya mencapai 18 Nm di putaran mesin 7.000 rpm. Part-part dari brand ternama juga disematkan pada AJP PR4, seperti suspensi depan model upside down berdiameter 40 mm buatan Marzocchi dan suspensi belakang mono shock dari Sachs yang semuanya bersifat fully adjustable. Bobotnya yang seberat 115 kg memang bukan yang terbaik, tapi sudah cukup oke! Satu hal lagi, seat height setinggi 920 mm juga masih bersahabat bagi orang Indonesia, khususnya yang memiliki tinggi badan 175 cm ke atas.

Terus berapa kira-kira harga AJP PR4 di Indonesia? Alberto memang tidak memberikan angka yang spesifik mengenai harga AJP PR4 di Indonesia. Mungkin saja Bruder Motorsport juga masih berhitung mengenai harga yang pas. Meskipun demikian, Alberto memberikan indikasi kalau AJP PR4 dijual dengan harga di bawah Rp 100 juta. Lumayan juga nih motor trail brand Eropa, street legal, full paper, harganya masih di bawah RP 100 juta. Hmm… Kalau dibandrol Rp 70-80 juta gitu kayaknya menarik ya? Hehehe

AJP-PR4-200-Supermoto-10164_2