Viar Resmi Perkenalkan Dua Motor Listrik… Harga Rp 16 Jutaan??

Viar Pulse 2

Mas bro… Kali ini ada informasi yang agak menyimpang dari dunia adventure, tapi nggak masalah ya… Barusan dapat kabar dari Viar Motor Indonesia, kalau brand motor lokal ini secara resmi memperkenalkan dua motor listrik sekaligus di Jakarta Fair Kemayoran 2016. Masing-masing motor itu diberi nama Viar Pulse dan Viar Q1. Tentu saja Viar Pulse dan Viar Q1 menambah panjang daftar motor prototipe yang diperkenalkan di Jakarta Fair Kemayoran 2016. Sebelumnya Viar sudah memperkenalkan motor prototipe Viar Adventure 250 dan Viar Scrambler 400. Lalu, seperti apakah sosok Viar Pulse dan Viar Q1 itu?

Kalau dilihat dari sosoknya, Viar Pulse memiliki desain yang modern dan sporty. Bisa dikatakan Viar Pulse nggak kalah keren kalau dibandingkan dengan motor-motor skutik modern yang merajai pasar roda dua di Indonesia. Bagaimana dengan Viar Q1? Desain Viar Pulse dan Viar Q1 ternyata sangat berbeda. Viar Q1 lebih cenderung membulat, tapi nggak kalah cantik karena terkesan imut dan lucu. Malah Viar Q1 cenderung seperti motor masa depan yang kerap nongol di film-film fiksi. Asli keren abis deh mas bro!!

Menurut penuturan Marketing Communication Viar Motor Indonesia Mas Frengky Osmond dalam rilis yang diterima oleh Adventuriderz.com, jika menggunakan Viar Pulse dan Viar Q1 konsumen nggak perlu mengeluarkan biaya perawatan yang tinggi seperti layaknya motor konvensional. Malah bisa dibilang motor listrik buatan Viar ini bebas perawatan alias maintenance free. Artinya, pengguna nggak perlu mengisi bensin, nggak perlu melakukan servis rutin, nggak perlu ganti oli, nggak perlu ganti rantai, dan nggak perlu ganti part-part yang umum pada motor konvensional. Kalaupun ada yang perlu diganti, itu hanya terletak pada part seperti kanvas rem, aki, dan ban.

Viar Pulse

Menariknya, baik Viar Pulse maupun Viar Q1 menggunakan engine  yang dibuat oleh perusahaan ternama asal Jerman, BOSCH. Jelas saja BOSCH bukanlah perusahaan otomotif ecek-ecek karena berbagai piranti buatan BOSHC banyak terpasang pada mobil maupun motor brand global. Di sini terlihat Viar nggak mau main-main dalam hal engine. Terus apa bedanya antara engine Viar Pulse dan Viar Q1? Bedanya ada pada dayanya mas bro… Viar Pulse menggunakan daya sebesar 1.200 watt, sedangkan Viar Q1 memiliki daya 800 watt. Meskipun dayanya berbeda, kedua motor itu ternyata sama-sama memiliki kecepatan maksimal 60 km/jam.

“Perbedaan terletak pada penggunaan jenis battery yang tertanam di kedua unit ini. Untuk Viar Pulse menggunakan battery jenis VRLA (Valve Regulated Lead Acid) dan Viar Q1 menggunakan battery jenis Lithium yang secara bobot lebih ringan sehingga pada pengetesan yang dilakukan oleh tim internal Viar, keduanya memiliki maximum speed yang sama. Dengan kecepatan sekitar 60 km/jam, Viar Pulse maupun Viar Q1 akan mampu menempuh jarak sejauh 70-80 km hingga battery habis, dan waktu yang dibutuhkan untuk mengisi battery hingga penuh sekitar 5-7 jam,” tutur Mas Frengky.

Viar Q1 3

Oh ya, baik Viar Pulse maupun Viar Q1 juga sudah dilengkapi dengan berbagai fitur menarik dan berkelas, seperti panel speedometer digital yang berisi informasi mengenai kecepatan, jarak tempuh, dan indikator battery; menggunakan lampu LED; memakai rem cakram depan dan belakang; fitur safety berupa alarm; dan fitur keyless start engine yang artinya pengguna nggak perlu repot-repot menghidupkan motor menggunakan kunci kontak. Wah fitur terakhir ini malah sudah seperti mobil seri atas ya…

Apakah cukup itu saja? Ternyata belum mas bro… Viar mengklaim kalau kedua motornya ini tahan banjir lhoo!! Bahkan tim internal Viar sudah mengetes Viar Pulse dan Viar Q1 dengan direndam dalam air. Hasilnya nggak ada masalah sama sekali… “Kedua unit ini telah menjalani serangkaian uji coba yang dilakukan oleh tim research and development dari Viar Motor dan kami sudah menggandeng salah satu universitas ternama yang berada di Jawa Tengah untuk pengembangan kedua unit ini,” kata Mas Frengky.

Membahas mengenai motor listrik tentu saja yang membuat penasaran adalah harganya. Kira-kira berapa bandrol yang ditetapkan oleh Viar terhadap Pulse dan Q1? Rencananya Viar baru akan merilis Pulse dan Q1 secara resmi pada bulan Desember 2016 mendatang. Dalam obrolan terpisah dengan Mas Frengky, motor listrik dari Viar ternyata sudah lolos uji tipe dan sekarang sedang mengurus perizinan agar bisa dijual on the road. Meskipun baru launching Desember 2016, konsumen sudah bisa indent dari sekarang. Mas Frengky menyebut motor listrik dari Viar saat ini dijual dengan harga Rp 16 jutaan off the road. Harga on the road pada bulan Desember nanti jelas lebih mahal. “Untuk saat ini off the road kita lego Rp 16 jutaan. Tapi nanti kalau yang udah beli off the road dan mau dibuat on the road tetap bisa begitu sudah keluar izinnya. Prediksi sih November atau Desember (izin keluar),” ujarnya sehari sebelum rilis resmi diterima oleh Adventuriderz.com.

Viar Q1

Advertisements