Yamaha YZ125X Positif Keluar, Tapi Timeline Belum Ditentukan…



Yamaha-YZ125X-001

Sebelumnya santer dikabarkan kalau Yamaha Jepang berencana memproduksi motor enduro Yamaha YZ125X yang dibangun dari basis motocross Yamaha YZ125X. Bahkan media otomotif internasional yang khusus mengulas mengenai dunia off road roda dua, Enduro21, menyebut kalau Yamaha akan merilis calon motor enduro terbarunya itu secara terbatas di Jepang pada 5 Oktober 2016 dengan harga 624.400 yen atau setara dengan Rp 78,7 jutaan. Lalu, bagaimana tanggapan Yamaha CBU Off Road Indonesia mengenai kehadiran Yamaha YZ125X?

Yamaha CBU Off Road Indonesia selaku distributor resmi motor off road Yamaha di Indonesia yang digawangi oleh PT El Rhino Global mengakui kalau Yamaha YZ125X bisa dipastikan nongol di pasaran. Sayangnya pihak Yamaha CBU Off Road Indonesia masih belum bisa memastikan kapan kemunculan motor tersebut. “Jadi ada kepastian Yamaha YZ125X akan keluar. Tetapi kapan, kami belum tahu,” ujar Direktur Yamaha CBU Off Road Indonesia Mr. Dechamps Arnaud kepada Adventuriderz.com.

Meskipun dibangun dari basis motocross Yamaha YZ125, namun ada sejumlah perbedaan pada motor enduro Yamaha YZ125X, antara lain Yamaha perlu mendesain ulang cylinder head untuk menurunkan rasio kompresi 8,6:1 di Yamaha YZ125 menjadi 7,4:1 pada Yamaha YZ125X, memasang CDI baru dengan settingan yang sesuai karakter motor enduro dan mengoptimalkan timing YPVS (exhaust valve), memasang per yang lebih lunak pada bagian suspensi agar nyaman dipakai enduro maupun trail riding, menggunakan ban kombinasi 18-21 inch dibandingkan dengan Yamaha YZ125 yang memakai ban 19-21 inch, memasang sprocket belakang dengan ukuran 50 mata, dan dilengkapi dengan standar samping.



Kalau misalnya nanti sudah diproduksi massal, peluang kehadiran Yamaha YZ125X secara resmi ke Indonesia memang cukup besar. Apalagi di Indonesia sudah ada distributor resmi motor off road Yamaha. Tentu saja Yamaha YZ125X bisa menjadi amunisi tambahan bagi lineup produk yang dipasarkan oleh Yamaha CBU Off Road Indonesia. Satu hal lagi yang menarik, Yamaha CBU Off Road Indonesia berani membandrol produknya dengan harga yang tergolong miring kalau dibandingkan dengan produk sekelas dari brand Eropa. Bukan tidak mungkin Yamaha YZ125X dengan engine 125 cc 2-stroke yang dikenal memiliki power dan torsi bengis serta bobot enteng bakal booming di pasar motor off road Indonesia. Untuk sementara waktu ya dinikmati dulu saja lineup produk Yamaha CBU Off Road Indonesia yang sudah ada, mulai dari Yamaha YZ85LW (motocross), Yamaha YZ125 (motocross), Yamaha YZ250F (motocross), Yamaha YZ250X (enduro), dan Yamaha YZ250FX (enduro).

Yamaha-YZ125X-002

Advertisements