Apa Kabar Benelli Leoncino 250? Kapan Launching di Indonesia?

Benelli-Leoncino-500-2016-012

Di EICMA 2015, Milan, brand motor asal Italia yang sahamnya sudah dimiliki oleh perusahaan asal China, Benelli, menggemparkan jagat otomotif roda dua dunia dengan memperkenalkan cukup banyak lineup motor baru. Dari sekian motor yang diperkenalkan oleh Benelli, salah satu yang cukup menyita perhatian adalah Benelli Leoncino, sebuah motor dengan desain ala scrambler yang klasik namun tetap cantik dan mengandalkan mesin 500 cc parallel-twin. Apalagi desain model scrambler sedang sangat ngetren, terutama setelah Ducati meluncurkan produk baru Ducati Scrambler yang laris-manis di pasaran.

Selepas gelaran EICMA 2015, Benelli Motor Indonesia sudah terang-terangan bakal memboyong Benelli Leoncino ke Indonesia. Namun, Benelli Motor Indonesia meminta request khusus kepada pihak prinsipal, yaitu Benelli Leoncino yang dipasarkan di Indonesia tidak menggunakan mesin 500 cc parallel-twin, melainkan menggunakan mesin 250 cc parallel-twin yang sama persis dengan milik Benelli TNT 250. Alasannya simple… Dengan menggunakan mesin 250 cc, Benelli Leoncino tidak dikenakan PPN BM, sehingga harga jual bisa ditekan dan volume penjualan berpotensi lebih tinggi kalau dibandingkan dengan mesin 500 cc.

“Potensi Benelli Leoncino di Indonesia cukup bagus dengan mengusung gaya scrambler. Rencananya pertengahan tahun depan akan kami rilis, atau bahkan bisa lebih cepat. Untuk rangka, desain bodi, fitur dan lainnya akan sama persis seperti Leoncino 500. Perbedaannya untuk Indonesia kami request khusus agar bisa menggunakan mesin 250 cc yang serupa dengan Benelli TNT 250,” ujar Direktur Benelli Motor Indonesia Pak Steven Kentjana Putra pada tahun 2015 lalu.

Sayangnya, meskipun sudah memasuki pertengahan tahun 2016, belum ada lagi kabar lanjutan mengenai kehadiran Benelli Leoncino 250 ke Indonesia. Awalnya Benelli Leoncino 250 diprediksi bakal diluncurkan di Indonesia pada event Jakarta Fair Kemayoran 2016. Tapi sudah lebih dari seminggu Jakarta Fair Kemayoran 2016 berlangsung, Benelli Leoncino 250 tak juga tampak batang hidungnya. Malah yang nongol adalah Motobi 250 – Patagonian Eagle, motor cruiser yang sebelumnya tidak pernah disebut-sebut bakal diluncurkan.

Terus, kapan Benelli Leoncino, ntah itu dengan mesin 500 cc atau 250 cc, diluncurkan di Indonesia? Pertanyaan ini memang sulit dijawab. Benelli Motor Indonesia sendiri belum memberikan informasi lanjutan. Terlebih lagi Benelli Leoncino juga baru diperkenalkan di EICMA 2015 dan belum dirilis resmi ke pasar global di negara manapun. Artinya, tidak cuma Indonesia saja yang menantikan peluncuran Benelli Leoncino. Negara-negara lain juga menantikannya mas bro… Ya untuk sementara waktu kita hanya bisa menunggu sampai Benelli Motor Indonesia memberikan keterangan resmi… Toh yang dinantikan nggak cuma Benelli Leoncino saja… Benelli TRK juga sangat layak ditunggu!

Advertisements