Spy Shot: Inikah Sosok Calon New Viar Cross X 200 GT??

Viar-Cross-X-200-GT-001

Mas bro… Motor trail lokal Viar Cross X 200 SE yang kini berubah nama menjadi Viar Cross X 200 GT sudah mewarnai pasar motor trail nasional sejak beberapa tahun terakhir, kalau nggak salah sejak tahun 2014 ya… Sejak saat itu Viar Motor Indonesia bisa dikatakan belum memberikan update terhadap Viar Cross X 200 GT. Kalaupun ada update, itu hanya berupa update minor di bagian teknis maupun update striping saja. Pecinta motor trail pun bertanya-tanya, kapankah Viar Cross X 200 GT mendapatkan mayor update??

Pertanyaan serupa sebenarnya sudah pernah saya lontarkan kepada pihak Viar Motor Indonesia (Baca: Kapan Cross X 200 GT Dapatkan Mayor Update, Viar??). Namun belum mendapatkan jawaban yang pasti. Malah dari sebuah rumor terdengar kalau New Viar Cross X 200 GT sedang dalam proses pengembangan… Kini rumor itu sepertinya sudah mulai terlihat kebenarannya… Saya baru saja mendapatkan sebuah foto dari media sosial Facebook, sebuah motor trail dengan label Viar terparkir bersama dengan motor-motor Viar lainnya.

Kalau melihat fisiknya yang tidak terlalu besar, sepertinya di foto itu sosok calon New Viar Cross X 200 GT, bukan motor trail 250 cc. Apalagi jika ditilik lebih lanjut di bagian mesin, samar-samar memang mirip dengan Viar Cross X 200 GT yang menggunakan mesin 200 cc SOHC, 4-stroke, 2-valve, dan berpendingin udara. Perbedaan mencolok antara motor ini dengan Viar Cross X 200 GT versi sekarang ada pada bagian desain dan frame. Frame-nya terlihat lebih kekar apalagi dilabur dengan warna orange, desain lebih manis namun tidak meninggalkan unsur garang, suspensi upside down diberi warna emas, dan headlamp mirip seperti Viar Cross X 150 SF maupun Viar Cross X 250 SE. Kalau dilihat-lihat desain motor baru ini cenderung mirip motor lokal lainnya, Gazgas Hummer 150!

Terus gimana peluang motor ini muncul ke pasaran? Belum ada kabar resmi dari Viar mas bro, apakah benar yang ada di dalam foto itu sosok calon New Viar Cross X 200 GT atau bukan. Kalaupun benar, belum ada tanda-tanda motor itu bakal diluncurkan dalam waktu dekat. Motor baru Viar yang sudah dipastikan nongol tahun ini adalah duo skuter listrik Viar Pulse dan Viar Q1, sedangkan yang lainnya belum ada tanda-tanda. Meskipun nggak menutup kemungkinan motor baru yang ada di dalam foto juga bakal diluncurkan tahun ini. Kalau menurut mas bro sendiri gimana, lebih menarik sosok motor di dalam foto atau masih bagusan Viar Cross X 200 GT versi sekarang?

Viar-Cross-X-200-GT-001

Advertisements