Lebih Dekat dengan Sherco 250 SE-R Factory Milik Wade Young

Sherco-250-SE-R-Factory-Wade-Young-001

Sejak tahun 2016 ini, rider asal Afrika Selatan, Wade Young, tergabung dalam factory rider enduro brand motor asal Perancis, Sherco Motorcycle. Langkah Sherco merekrut rider muda dengan potensi yang besar seperti Wade Young sepertinya mulai membuahkan hasil. Bersama Sherco, Wade Young pun sudah mengikuti berbagai kejuaraan hard enduro di tahun 2016 serta berhasil mengantongi sejumlah prestasi dan kemenangan. Memang motor apa sih yang digunakan oleh Wade Young dalam kejuaraan hard enduro dunia?

Sama seperti rider-rider enduro top lainnya, Wade Young memilih mesin 2-stroke ketimbang 4-stroke. Memiliki tenaga yang sangat besar, bobot ringan, dan power to weight ratio tak tertandingi membuat rider-rider enduro top dunia lebih memilih mesin 2-stroke. Dalam hal ini Wede Young mengandalkan Sherco 250 SE-R Factory yang memiliki kapasitas mesin 250 cc. Kenapa kok tidak menggunakan mesin 300 cc? Dikutip dari Enduro21, setelah melakukan sejumlah pengetesan, Wade Young menilai power delivery Sherco 300 SE-R Factory terlalu agresif untuk riding style yang dia miliki, sehingga Sherco 250 SE-R Factory menjadi pilihan yang lebih baik lantaran power delivery lebih smooth dan linear. Namun Wade Young dan timnya sedang berupaya meningkatkan torsi Sherco 250 SE-R Factory.

Berlanjut ke konfigurasi Sherco 250 SE-R Factory yang digunakan oleh Wade Young, motor enduro ini menggunakan gear berukuran 13 mata di bagian depan dan 51 mata di bagian belakang. Untuk melengkapi setup mesin, knalpot motor itu menggunakan front pipe FMF Gold yang dipadu dengan silencer Powercore 2. Di bagian suspensi, Wade Young masih tetap mempertahankan suspensi standar Sherco berupa suspensi model upside down buatan WP di bagian depan (sama seperti KTM dan Husqvarna) dan mono shock WP Traxx di bagian belakang, sedangkan triple clamp menggunakan buatan Xtrig. Akan tetapi, Wade Young menyetting suspensinya lebih keras dibandingkan dengan rider enduro lainnya yang menggunakan suspensi WP, seperti Graham Jarvis (Husqvarna) atau Alfredo Gomez (KTM). Menurutnya settingan seperti ini menjadi yang terbaik untuknya, baik itu ketika kecepatan tinggi maupun rendah.

Di bagian karet bundar, Wade Young mempercayakan produk buatan Myta Tyres. Untuk event hard enduro secara general Wade Young memilih ban Myta Tyres dengan dua strip hijau, sedangkan jika track berupa lintasan dengan karakter cepat maka ban dengan satu strip hijau yang dipilih. Beberapa part lain yang dipasang pada Sherco 250 SE-R Factory milik Wade Young antara lain skid plate, radiator guard, dan disc guard buatan AXP Racing serta pull strap depan-belakang menggunakan merek Blackbird. Mungkin ada dari mas bro sekalian yang menggunakan Sherco 250 SE-R Factory? Part-part yang digunakan oleh Wade Young itu bisa menjadi inspirasi!

Sherco-250-SE-R-Factory-Wade-Young-002

Sherco-250-SE-R-Factory-Wade-Young-003

Sherco-250-SE-R-Factory-Wade-Young-004

Sherco-250-SE-R-Factory-Wade-Young-005

Sherco-250-SE-R-Factory-Wade-Young-006

Sherco-250-SE-R-Factory-Wade-Young-007

Sherco-250-SE-R-Factory-Wade-Young-008

Sumber: Enduro21.com

Advertisements