KTM Berencana Bangun Motor Adventure Bermesin 800 cc Parallel-Twin



KTM-Duke-890-002

KTM sudah mengonfirmasi sedang mengembangkan motor naked sport kelas menengah dengan mesin parallel-twin. Malah Chief Executive Officer KTM Stefan Pierer menyebut motor baru itu memiliki kapasitas mesin 800 cc. Sejumlah media menyebut motor baru ini dengan nama KTM Duke 800, dan KTM diperkirakan tidak akan berhenti pada varian Duke saja dalam penggunaan mesin 800 cc parallel-twin, melainkan juga berencana mengembangkan varian motor lainnya, termasuk tipe adventure.

Yups… Ketika KTM Duke 800 sudah selesai dibangun, KTM akan memperkenalkan motor yang berorientasi adventure. Bahkan media otomotif asal Inggris, MCN, mengatakan kalau motor adventure dari KTM dengan mesin 800 cc parallel-twin akan digunakan untuk menggempur andalan baru Honda di segmen adventure, yaitu Honda CRF1000L Africa Twin!! Sejumlah brand motor global memang sedang getol menggarap motor adventure. Hal itu tidak lepas dari kesuksesan lineup motor adventure seperti BMW GS series atau Triumph Tiger series…

Tentu saja mesin 800 cc parallel-twin tidak hanya digunakan oleh KTM sendiri mas bro… Mesin yang sama diperkirakan akan di-share kepada anak usaha KTM, Husqvarna. Antara KTM dan Husqvarna memang kerap berbagi platform (mesin dan frame sama) tapi dengan hasil akhir motor yang memiliki desain, body work, dan karakter yang berbeda. Untuk pengembangan berbagai produk, KTM tahun ini menyiapkan dana investasi sebesar 130 juta euro atau 30 juta euro lebih tinggi dibandingkan dengan jumlah investasi tahun 2015.



Nah… Sepertinya KTM sangat berambisi untuk menjadi salah satu brand motor dengan penjualan tertinggi di pasar global mas bro… “Saat ini kami nomor satu di Eropa, tapi visi kami adalah bisa mengalahkan Kawasaki dan Suzuki dalam waktu lima atau enam tahun mendatang, dan itu artinya kami akan dipersepsikan sebagai produsen motor sport dengan range yang lengkap, dan untuk melakukannya anda perlu ikut di ajang balap pada level tertinggi,” ujar Stefan Pierer.

Terus, kapan motor adventure 800 cc parallel-twin dari KTM nongol di pasaran? Timeline-nya masih belum jelas mas bro… Masih gelap… Tapi bukan tidak mungkin motor adventure dengan basis KTM Duke 800 bakal nongol di tahun 2017 atau 2018. Mungkin dalam waktu dekat ini KTM bakal meluncurkan motor adventure berbasis KTM Duke 250 dan KTM Duke 390 terlebih dahulu… Apa lagi kalau bukan KTM 250 Adventure dan KTM 390 Adventure! Motor dengan mesin kecil ini memang lebih condong ditujukan untuk pasar di negara-negara berkembang…

KTM 1290 Super Adventure

Advertisements