Motor Enduro 2T KTM dengan EFI Baru Tersedia Pada Model Year 2018



ktm-2017-300-exc-enduro_1200

KTM saat ini bekerja dengan sangat intensif dalam pengembangan motor enduro 2-stroke (2T) dengan sistem pembakaran injeksi alias electronic fuel injection (EFI). Rencananya dua tipe motor enduro 2-stroke yang akan mendapatkan sistem EFI adalah KTM 250 EXC dan KTM 300 EXC. Kedua motor itu merupakan andalan KTM di segmen enduro dengan penjualan yang masih sangat tinggi. Penggunaan sistem EFI pada motor enduro 2-stroke tentu saja tidak lepas dari adanya regulasi Euro 4 pada tahun 2017 dan Euro 5 yang dimulai tahun 2020.

Lantas, kapan motor enduro 2-stroke KTM dengan ssitem EFI dilempar ke pasaran? Untuk model year 2017, baik KTM 250 EXC maupun KTM 300 EXC masih mengandalkan sistem pembakaran konvensional berupa karburator. Dua varian motor itu sudah lulus aturan emisi Euro 3, namun belum bisa memenuhi regulasi Euro 4. Off Road Product Manager KTM Joachim Sauer mengatakan bahwa motor enduro 2-stroke dengan sistem EFI baru akan tersedia untuk model year 2018. Sekarang departemen R&D KTM sedang fokus mengembangkan KTM 250 EXC dan KTM 300 EXC dengan sistem EFI yang lebih sempurna agar tidak mengecewakan para penggemar motor enduro 2-stroke.

Akan tetapi, kata Joachim, motor enduro 2-stroke yang menggunakan sistem EFI tidak akan tersedia di seluruh pasar di dunia. Melainkan hanya tersedia di pasar-pasar yang memang sudah menerapkan regulasi emisi dengan standar Euro 4. Pasar Eropa sudah tentu mendapatkan motor enduro 2-stroke dengan sistem EFI ini. “Kami masih mengerjakan sistem pembakaran injeksi dan dalam pengujian mendapatkan tantangan yang besar. Kami belum menerima motor yang bisa diuji dengan baik sebelum meluncurkan model year 2017, karena itu menggunakan item khusus. Kami sedang bekerja secara intensif pada sistem tersebut (EFI) untuk model year 2018, tetapi hanya tersedia di pasar yang membutuhkannya karena regulasi emisi,” ujar Joachim, dikutip dari Australasian Dirt Bike.



KTM-2017-250-EXC_90_right_engine_1300

Menurut Joachim, harga motor enduro 2-stroke dengan sistem EFI dipastikan lebih mahal dibandingkan dengan sistem karburator. Bahkan kemungkinan harga KTM 250 EXC dan KTM 300 EXC dengan sistem EFI bisa setara dengan KTM 450 EXC-F (450 cc 4-stroke). Namun KTM tentu saja menjanjikan sejumlah keunggulan, mulai dari karakter mesin EFI yang sama persis dengan sistem karburator, performa yang tidak berbeda, emisi gas buang jauh lebih bersih, hingga konsumsi bahan bakar yang lebih irit! “Harganya kemungkinan sama dengan KTM 450 EXC-F. Tetapi tidak masalah, karena anda tidak akan kehilangan banyak, tidak ada perbedaan yang signifikan dengan sistem direct injection dan anda tidak akan merasakan perbedaan performa. Di sisi lain mesin berjalan lebih bersih dan tidak ada permasalahan jetting. Konsumsi bahan bakar juga lebih baik dengan sistem injeksi,” kata dia.

Kalau melihat kondisi Indonesia yang masih menerapkan standar regulasi emisi Euro 3, sepertinya pasar Indonesia masih akan mendapatkan KTM 250 EXC dan KTM 300 EXC dengan sistem pembakaran karburator karena versi injeksi hanya dipasarkan di negara-negara yang memang sudah menerapkan regulasi Euro 4. Mungkin kita harus bersabar dulu sampai Indonesia menerapkan regulasi Euro 4 jika ingin mendapatkan KTM 250/300 EXC EFI. Oh ya, KTM 250/300 EXC EFI untuk model year 2018 kemungkinan akan diperkenalkan kepada publik pada tahun 2018 mendatang!

KTM-125-XC-W_right-rear-top_1300

Advertisements