Saat Suspensi Ohlins Dipasang pada Motor Enduro KTM 500 EXC

KTM-500-EXC-Joakim-Ljunggren-with-Ohlins-Suspension-002

Tidak ada yang meragukan bahwa Onlins merupakan produsen suspensi yang menyediakan produk dengan kualitas sangat tinggi. Bahkan Onlins dikenal sebagai brand suspensi dengan strata paling tinggi, sehingga nggak mengherankan kalau suspensi ini biasanya secara default terpasang pada motor-motor sport flagship, special edition, atau sejenisnya yang punya harga begitu mahal. Tapi itu kan di segmen street bike… Lalu, bagaimana dengan kiprah suspensi Ohlins di segmen dirt bike?

Nah… Berbeda dengan di segmen street bike di mana suspensi Ohlins begitu diagung-agungkan dengan kasta paling tinggi, di segmen dirt bike kiprah Ohlins malah kurang begitu terlihat. Malah bisa dibilang tidak ada brand motor dirt bike satupun yang memasang suspensi Ohlins secara default pada produknya, meskipun itu merupakan produk high end sekalipun. Di segmen dirt bike, Ohlins masih kalah pamor kalau dibandingkan dengan suspensi standar yang biasa dipasang oleh pabrikan, misalnya Showa, Kayaba, Sachs, Marzocchi, dan WP.

Meskipun demikian, bukan berarti Ohlins tidak memproduksi suspensi untuk dirt bike ya… Pabrikan asal Swedia ini tetap menyediakan suspensi untuk motor garuk tanah, contohnya yang terpasang pada motor enduro KTM 500 EXC milik pembalap EnduroGP asal Swedia juga, Joakim Ljunggren. Joakim melengserkan suspensi standar KTM yang disuplai oleh WP dan menggantinya dengan Ohlins. Mungkin karena sama-sama berasal dari Swedia, Joakim mendapatkan support dari Ohlins. Suspensi Ohlins TTX pun terpasang dengan manis pada motor KTM 500 EXC yang digunakan oleh Joakim!!!

KTM-500-EXC-Joakim-Ljunggren-with-Ohlins-Suspension-004

Suspensi Ohlins memang sangat mencolok, terutama dilihat dari warnanya saja. Pada suspensi depan, Ohlins menggunakan warna khas gold yang sangat menggoda. Dengan melihat sepintas saja pasti banyak yang bisa menebak kalau itu adalah suspensi Ohlins. Kemudian pada bagian suspensi belakang, Ohlins mengandalkan warna kuning yang melabur bagian spring dan tak ketinggalan warna gold menjadi pemanis di bagian tabung. Ciamik sekali pastinya dan membuat KTM 500 EXC ini begitu berbeda dengan yang lainnya.

Kalau penampilan sudah sangat cantik, lalu bagaimana dengan performa suspensi Ohlins pada KTM 500 EXC? Menurut Joakim seperti yang dilansir oleh Enduro21, ketika berganti dari suspensi standar KTM (WP) ke Ohlins dia tidak merasakan perbedaan yang signifikan. Salah satu pembedanya adalah suspensi Ohlins terasa lebih lembut. “Saya sudah mencoba suspensi standar pabrik dari WP di masa lalu dan saya tidak menemukan perbedaan yang signifikan ketika beralih ke Ohlins. Perbedaan utamanya adalah Ohlins lebih sensitif terhadap perubahan yang kecil dan terasa lebih lembut. Ohlins tidak memiliki sistem traksi seperti WP di bagian belakang, tetapi saya sangat menyukainya,” tutur Joakim.

Sudah melihat kan bagaimana kerennya kalau sebuah motor enduro dipasangi suspensi Ohlins? Dan sudah tahu juga bagaimana testimoni dari seorang pembalap EnduroGP terhadap suspensi Ohlins di motor enduro KTM 500 EXC? Mungkin hal itu bisa menjadi pertimbangan bagi mas bro sekalian yang berencana mengganti suspensi standar pabrik dengan suspensi yang lebih mewah. Yang jelas harga suspensi Ohlins itu nggak murah sama sekali, namun sebanding dengan riding quality yang diberikan… Plus motor yang biasa buat kotor-kotoran pun bisa tampil mewah!

KTM-500-EXC-Joakim-Ljunggren-with-Ohlins-Suspension-001

KTM-500-EXC-Joakim-Ljunggren-with-Ohlins-Suspension-003

KTM-500-EXC-Joakim-Ljunggren-with-Ohlins-Suspension-005

KTM-500-EXC-Joakim-Ljunggren-with-Ohlins-Suspension-006

Advertisements