Menebak Nama Motor Adventure Baru KTM dengan Mesin 800 cc

KTM-950-Adventure-2003-001

Mas bro… KTM diketahui sedang mengembangkan platform motor baru dengan mesin 800 cc parallel-twin. Hal ini pun sudah dikonfirmasi oleh Chief Executive Officer KTM Stefan Pierrer. Bahkan Stefan menyebut produk yang menggunakan platform baru ini tidak hanya satu, tapi dua. Memang apa saja? Yang pertama tentu saja berupa motor naked sport dari klan Duke, sedangkan yang kedua merupakan motor bergenre adventure.

Jika mengacu pada kebiasan KTM memberikan nama pada motornya, maka kemungkinan KTM Duke terbaru dengan mesin 800 cc paralle-twin bakal diberi nama dengan KTM Duke 790. Bagaimana dengan versi adventure-nya? Bisa jadi motor adventure bermesin 800 cc parallel-twin akan diberi nama KTM 790 Adventure!! Tapi itu hanya asumsi saya berdasarkan kebiasan KTM dalam memberikan nama pada produknya karena KTM belum mengumumkan nama motor baru dengan platform baru tersebut.

Rencananya KTM Duke 790 akan digunakan untuk menggantikan KTM Duke 690 yang mengandalkan mesin satu silinder. Platform dengan mesin 690 cc yang ada sekarang dianggap sudah tua lantaran dilahirkan sejak satu dekade lalu dan sudah dipakai untuk tiga varian motor, di antaranya KTM Duke 690 (naked sport), KTM 690 Adventure R (dual sport/adventure), dan KTM 690 SMC R (supermoto). Ketiganya dibangun KTM untuk memenuhi kebutuhan para rider di segmen mesin kelas menengah.

Platform baru dengan mesin 800 cc sudah direncanakan untuk membangun motor naked sport dan adventure, apakah mesin yang sama juga akan digunakan untuk membangun motor dengan tipe supermoto seperti halnya platform dengan mesin 690 cc yang sudah ada? Rumor mengenai hal ini memang belum ada. Tapi bukan hal yang sulit bagi KTM untuk membangun supermoto dari platform 800 cc. Toh di segmen yang lebih tinggi, yaitu 1290, KTM melakukan hal itu dengan membangun KTM Duke 1290, KTM 1290 Super Adventure, dan KTM 1290 Super Duke R! So, peluang munculnya supermoto berbasis mesin 800 cc baru bukanlah hal yang mustahil.

Kembali ke KTM 790 Adventure, kemungkinan besar motor ini akan bersaing ketat dengan motor adventure asal Eropa lainnya seperti BMW F 800 GS dan Triumph Tiger 800. Hanya saja penggunaan mesin parallel-twin pada platform baru membuat fans KTM heran. Pasalnya, untuk mesin dua silinder biasanya KTM menggunakan konfigurasi v-twin. Namun keraguan itu kemungkinan berubah menjadi positif ketika sudah benar-benar mencobanya karena motor baru diyakini memiliki feeling berkendara yang lebih baik.

KTM sendiri sudah sangat berpengalaman dalam mengembangkan motor adventure. Oleh karena itu, dengan dibekingi oleh teknologi tinggi, sudah seharusnya KTM 790 Adventure bisa menjadi motor yang nyaman sekaligus safety berkat berbagai fitur yang dijejalkan pada motor. Bahkan KTM bisa menambah fitur cornering ABS sebagai opsi di samping engine mapping, ABS, dan traction control yang menjadi standar. Kabarnya KTM Duke 790 dan KTM 790 Adventure akan diluncurkan di Intermot atau EICMA 2016!

KTM-1050-Adventure-2015-001

Advertisements