Mesin Kasar dan Bising, Royal Enfield Recall Himalayan



Royal Enfield Himalayan 017

Royal Enfield Himalayan belum lama ini secara resmi diluncurkan di India. Meskipun baru diluncurkan, motor adventure kelas bawah itu sudah menghadapi sejumlah persoalan. Tidak sedikit pengguna Royal Enfield Himalayan yang melakukan komplain lantaran mesin motornya kasar dan suaranya begitu bising. Menanggapi keluhan itu, Royal Enfield bertindak cepat dengan menghubungi para pemilik Himalayan untuk melakukan recall produk.

Setelah ditelusuri oleh Royal Enfield, kasar dan bisingnya suara mesin pada Himalayan terjadi karena kegagalan pada bagian rocker shaft dan pemasangan kopling. Tentu saja Royal Enfield akan memperbaiki motor yang sudah dibeli oleh konsumen secara gratis. Beberapa konsumen Himalayan dihubungi untuk melakukan perbaikan motor di dealer resmi Royal Enfield, sedangkan sejumlah motor milik konsumen lainnya bakal diperbaiki ketika melakukan servis yang pertama.

Seperti dilansir oleh MotorBeam, Royal Enfield bertanggung jawab mengganti rocker unit yang mengalami kerusakan. Memang apa sih fungsi dari rocker unit? Tugas utama rocker unit adalah untuk membuka dan menutup valve, dan Royal Enfield menjanjikan rocker unit yang baru bisa mengurangi kebisingan mesin sangat signifikan serta membuat performa mesin menjadi lebih smooth. Perbaikan tidak hanya dilakukan terhadap motor yang sudah berada di tangan konsumen mas bro… Motor yang masih berada di dealer atau di pabrik yang belum dikirimkan kepada konsumen juga akan mendapatkan perbaikan serupa.



Seperti diketahui, Royal Enfield Himalayan menggunakan mesin 411 cc satu silinder, SOHC, 4-stroke, dan berpendingin udara yang mampu mengeluarkan tenaga sebesar 24,5 HP dan torsi 32 Nm. Tenaganya memang nggak bisa dibilang besar untuk mesin sekelas 400 cc, tapi torsi yang dimiliki Himalayan sangatlah besar. Di New Delhi motor ini dibandrol dengan harga 1,73 lakhs on the road atau setara dengan Rp 33,7 jutaan. Harga yang tergolong murah membuat Himalayan banjir peminat. Hasilnya, konsumen yang ingin membeli Himlayan perlu indent selama empat bulan!

Lalu, kapan Royal Enfield Himalayan masuk ke Indonesia? Meskipun Royal Enfield sudah memiliki showroom resmi di Indonesia, namun sampai sekarang belum diketahui kapan Himalayan dipasarkan di tanah air. Mungkin Royal Enfield masih fokus memenuhi pasar domestik di India yang begitu banyak. Yah… Cepat atau lambat Himalayan juga bakal masuk ke Indonesia kok, karena Royal Enfield sendiri pernah mengatakan bakal memasukkan seluruh lineup motor ke Indonesia… Mending ditunggu saja!

Highlight Recall Royal Enfield Himalayan

  • Pemilik Himalayan mengeluhkan mesin yang kasar dan bising
  • Setelah ditelusuri, permasalahan terjadi karena kerusakan rocker shaft
  • Royal Enfield mulai melakukan recall terhadap seluruh motor yang terkena dampak
  • Perbaikan motor dilakukan secara gratis tanpa dipungut biaya
Advertisements