Tiga Inspirasi Gaya Berpakaian yang Cocok untuk Motor Dual Sport

KTM-690-Adventure-002

Saat ini kegiatan dual sport adventure sudah semakin marak di Indonesia, baik itu menggunakan motor dual sport beneran yang notabene buatan pabrik maupun street bike yang dimodifikasi ala motor dual sport. Bagi yang belum kenal dengan dual sport adventure, bisa baca-baca dulu artikel terdahulu di sini. Maraknya penggemar dual sport adventure ini juga membuat gaya berpakaian atau riding gear yang dikenakan oleh masing-masing rider menjadi sangat beragam karena sangat tergangung dari background rider itu sendiri, karakter track yang dilewati, panjang rute atau lamanya waktu tempuh dalam perjalanan. Memang seperti apa sih berbagai gaya berpakaian yang biasa digunakan untuk dual sport adventure? Berikut ulasannya!

Gaya Casual

Gaya casual biasanya digunakan untuk aktivitas riding di dalam kota karena gaya berpakaian seperti ini sangat simple. Rider hanya menggunakan hoodie sebagai pengganti riding jacket, jelana jeans, sepatu casual, dan kemudian dipadu dengan helm off road yang dilengkapi goggles atau helm dual sport yang sudah ada visornya. Gaya berpakaian seperti ini terkesan sangat santai, nggak ribet, dan cukup nyaman. Tapi akan lebih baik kalau safety juga diperhatikan, misalnya dengan memasang inner protector di bagian siku dan lutut, atau bisa juga menggunakan celana jeans yang sudah dilengkapi dengan soft protector di bagian lututnya.

Yamaha-XT250-005

KTM-690-Enduro-R-001

Gaya Enduro

Umumnya rider yang melakukan dual sport adventure dengan background enduro lah yang menggunakan gaya ini. Mereka biasa mengenakan pakaian selayaknya untuk enduro/off road adventure untuk melakukan kegiatan dual sport adventure. Bagian atas mengenakan jersey yang tipis, bagian bawah berupa off road riding pants, enduro boots, dan dipadu dengan helm off road lengkap dengan goggles-nya. Gaya enduro sebenarnya hanya cocok untuk melakukan dual sport adventure jarak dekat yang lebih banyak track off road-nya. Kenapa? Karena jersey tipis yang dikenakan cukup nyaman ketika melibas track yang sulit dan tidak mudah membuat tubuh gerah. Tapi di sisi lain juga tidak bisa melindungi tubuh dari terpaan angin jika digunakan dalam perjalanan jarak jauh, apalagi kalau melakukan perjalanan malam.

Yamaha-WR250R-002-a

Honda-CRF250L-016

Gaya Adventure

Gaya adventure ini memang agak berbeda lantaran rider mengenakan jaket adventure yang nyaman digunakan untuk perjalanan jarak jauh, sedangkan bagian bawah mengenakan riding pants adventure yang biasanya sepaket dengan jaket. Untuk melihat ciri khas jaket adventure sih cukup gampang, banyak kantongnya!! Kemudian riding boots yang dipakai mirip seperti untuk enduro dan helmnya bisa menggunakan helm off road dengan goggles atau helm khusus dual sport yang sudah ada visornya. Kelebihan berpakaian gaya adventure ini enak dipakai untuk perjalanan jarak jauh karena jaket mampu melindungi tubuh dari terpaan angin dengan baik, nggak mencolok ketika masuk wilayah perkotaan, tapi punya kelemahan bikin kemeringet ketika menemui jalur off road yang sulit!

Kawasaki KLX250S

Husqvarna-701-Enduro-016


Nah… Mungkin masih ada lagi gaya berpakaian para rider dual sport yang lainnya. Tapi saya hanya memberikan contoh tiga saja. Dari tiga gaya berpakaian itu, manakah yang cocok untuk karakter mas bro sekalian? Apakah gaya casual, gaya enduro, atau gaya adventure? Yuk share pengalamannya mas bro!

Advertisements