Melihat Lebih Dekat KTM 300 EXC 2017 Milik Alfredo Gomez

KTM-300-EXC-Alfredo-Gomez-001

Mas bro… Sudah kenal dengan Alfredo Gomez? Yups… Dia adalah salah satu rider andalan KTM Factory Enduro Team yang kerap meraih podium teratas di berbagai kompetisi hard enduro tingkat dunia. Sama seperti dewa-dewa enduro dunia lainnya, Alfredo Gomez lebih memilih motor dengan mesin 2-stroke ketimbang 4-stroke lantaran memiliki sejumlah keunggulan, seperti bobot yang ringan dan power yang beringas, sehingga power to weight ratio motor enduro 2-stroke sulit disaingi oleh motor enduro 4-stroke!!

Nah… Tahun ini Alfredo Gomez sudah menggunakan motor enduro KTM 300 EXC model year 2017. Dia menggunakan motor KTM 300 EXC terbaru ini untuk pertama kalinya dalam kompetisi hard enduro Erzberg 2016 dan berhasil mengantarkannya meraih podium ketiga. Memang seperti apa sih ubahan atau settingan yang dilakukan terhadap motor KTM 300 EXC model year 2017? Mungkin nanti bisa menjadi inspirasi buat mas bro sekalian yang ingin motornya memiliki karakter seperti punya Alfredo Gomez…

KTM-300-EXC-Alfredo-Gomez-002

Dikutip dari Enduro21, Alfredo sangat menyukai mesin baru KTM 300 EXC model year 2017 dibandingkan dengan model sebelumnya. Tapi kemudian Alfredo dan mekaniknya Georgio melakukan sejumlah ubahan settingan pada motor, antara lain membuat power motor lebih kuat di putaran bawah hingga menengah dan mengganti rasio sprocket standar 13/51 menjadi lebih pendek 12/48. Berbeda dengan rider lain yang mempercayakan knalpot buatan FMF pada motor enduro 2-stroke, Alfredo lebih memilih knalpot buatan Akrapovic.

Di bagian mesin, Alfredo sangat puas dengan counter balance shaft yang baru dari KTM 300 EXC 2017 lantaran mampu mengurangi getaran di bagian handlebar ke tangan rider sangat signifikan. Bisa dikatakan KTM 300 EXC yang baru ini lebih minim getaran dibandingkan dengan edisi sebelumnya, sehingga Alfredo merasa lebih nyaman dan dia merasa tidak cepat lelah ketika riding menggunakan KTM 300 EXC 2017 sepanjang hari. Sepertinya mesin KTM 300 EXC 2017 memang lebih mantap ya…

KTM-300-EXC-Alfredo-Gomez-003

Beralih ke bagian suspensi… Alfredo tetap menggunakan suspensi WP Traxx di bagian belakang, tapi settingannya dibuat lebih lembut daripada settingan standar pabrik. Malah tingkat kelembutan suspensi belakang ini cenderung mirip seperti pada motor trial. Kemudian untuk suspensi depan dia mempercayakan kepada WP Cone Valve 48. Namun, berbeda dengan suspensi belakang yang lebih lembut dibandingkan dengan settingan standar, suspensi depan justru dibuat lebih stiff. Alasannya adalah untuk mempertahankan stabilitas dan menunjang Alfredo melibas tebing curam dengan lebih agresif.

Di sektor ban, Alfredo mempercayakannya pada GoldenTyre, baik di bagian depan maupu belakang. Skid plate, aluminium rear disc guard, carbon fiber front disc guard, hand guard, dan pull strap buatan Acerbis juga terpasang dengan manis pada motor. Agar mesin bekerja dengan baik, radiator tetap menggunakan fan. Tetapi mekanik memasang sebuah switch agar Alfredo bisa menghidupkan atau mematikan fan secara manual. So, fan radiator di motor Alfredo tidak beroperasi secara otomatif menggunakan sensor… Stang menggunakan produk Renthal Fatbar karena dia lebih nyaman model ini dibandingkan dengan model Twinwall, serta terakhir headlamp standar dilengserkan dan diganti dengan headlamp LED dari KTM Powerparts. Headlamp LED ini dinilai sangat sempurna untuk mengikuti kompetisi hard enduro seperti Extreme Lagares, dimana balapan dilakukan pada malam hari… Gimana mas bro, tertarik membuat motormu seperti milik Alfredo Gomez?

KTM-300-EXC-Alfredo-Gomez-004

KTM-300-EXC-Alfredo-Gomez-005

KTM-300-EXC-Alfredo-Gomez-006

KTM-300-EXC-Alfredo-Gomez-007

KTM-300-EXC-Alfredo-Gomez-008

KTM-300-EXC-Alfredo-Gomez-009

Sumber: Enduro21.com

Advertisements