Tidak Tertarik Bikin Motor Enduro 250 cc, Kawasaki?

Kawasaki-KLX450R-001

Kawasaki selama ini memang sudah dikenal sebagai produsen dirt bike yang handal melalui sejumlah lineup motocross, mulai dari kapasitas kecil 65 cc sampai dengan kapasitas besar 450 cc. Tapi itu di segmen motocross… Sayangnya di segmen enduro Kawasaki masih terjun setengah hati. Yups… Lineup motor enduro Kawasaki bisa dikatakan tidak lengkap, jauh berbeda dengan brand motor asal Eropa seperti KTM, Husqvarna, Beta, atau Sherco yang punya lineup motor enduro begitu lengkap!

Bisa dibilang Kawasaki saat ini hanya punya Kawasaki KLX450R yang terjun di segmen enduro. Kalaupun ada Kawasaki KLX (off road 150 cc), itu performanya sangat inferior dan ditujukan untuk rider pemula. Kalau sudah ada Kawasaki KLX450R, kenapa Kawasaki nggak sekalian bikin motor enduro 250 cc ya? Toh sebenarnya Kawasaki nggak akan kesulitan kalau mau mengembangkan motor enduro 250 cc 4-stroke. Tinggal mengambil basis dari motocross Kawasaki KX250F yang performanya sudah sangat mumpuni. Nanti tinggal melakukan beberapa penyesuaian agar karakter motor lebih pas digunakan untuk enduro. Misalnya dengan mengubah gear ratio, kompresi, menambahkan fan pada radiator, memasang suspensi yang lebih soft, hingga melengkapinya dengan headlight dan taillight.

Jika memang Kawasaki tertarik membangun motor enduro 250 cc berbasis Kawasaki KX250F, nantinya motor ini bisa bersaing dengan sejumlah motor enduro lainnya, baik dari brand Eropa maupun brand Jepang yang lain. Contohnya KTM 250 EXC-F, Husqvarna FE 250, Sherco 250 SEF-R, Yamaha WR250F, Yamaha YZ250FX, dan Honda CRF250X. Yakin deh kalau Kawasaki memproduksi motor enduro 250 cc, harganya bisa sangat kompetitif!

Advertisements