Honda Tebar Psywar, Kawasaki KLX150 Mesti Waspada!!



New-Kawasaki-KLX150-029

Belum lama ini Astra Honda Motor (AHM) memastikan sedang mengembangkan motor trail dan pasti diluncurkan, meskipun timeline-nya masih belum ditentukan. Ada indikasi motor trail dengan kode K84 ini nongol tahun 2017 setelah AHM meluncurkan Honda CBR250RR menjelang akhir tahun nanti. Terlepas dari masih belum jelasnya timeline peluncuran, AHM mengklaim kalau motor trail miliknya nanti bakal jauh lebih mumpuni kalau dibandingkan dengan motor trail sekelas yang sudah ada (Baca: AHM Klaim Performa Trail 150 cc-nya Setara dengan 200/250 cc).

Apakah cukup sampai di situ? Ternyata tidak mas bro… Production, Engineering & Procurement Director PT Astra Honda Motor David Budiono bahkan menuturkan kalau motor trail Honda nanti walaupun hanya berkapasitas 150 cc, namun kemampuannya setara dengan motor 200 cc atau malah 250 cc! Apa nggak edan tuh?? “Kita tidak ingin tanggung-tanggung. Motor trail yang nanti kita luncurkan tenaganya akan lebih besar dibanding yang lainnya. Bisa saja kita hadirkan yang 150 cc, tetapi secara performa setara dengan 200 cc atau 250 cc. Itu yang sedang kita pertimbangkan dan pelajari,” tutur Pak David Budiono.

Honda-CRF150F-2015-014



Salah satu hal yang menarik adalah, apakah penuturan dari Pak David Budiono itu hanya sekedar psywar terhadap kompetitor atau bakal menjadi kenyataan? Kita tidak pernah tahu. Tapi paling tidak jika AHM meluncurkan motor trail 150 cc, Kawasaki KLX150 lah yang menjadi bidikan utama. Bukan apa-apa mas bro, AHM sepertinya ingin menguasai seluruh segmen motor, mulai dari motor dengan kapasitas kecil hingga moge, termasuk trail juga berada di dalamnya.

Selama ini kita sudah melihat bagaimana AHM menyerang kompetitornya. Contoh: Honda CB150R vs Yamaha V-Ixion, Honda CBR150R vs Yamaha YZF-R15, Honda Sonic 150 vs Suzuki Satria 150, dan Honda Supra GTR 150 vs Yamaha MX-King. Berikutnya nanti giliran Honda CBR250RR vs Kawasaki Ninja 250 & Yamaha YZF-R25, Honda PCX/Forza 150 lokal vs Yamaha NMAX, dan Honda K84 (trail 150 cc) untuk menggempur Kawasaki KLX150!! Bisa dibilang AHM sedang sangat haus plus rakus ingin menguasai seluruh segmen yang ada. So, Kawasaki KLX150 yang sekarang jadi market leader di segmen trail low-end wajib waspada!!!

Kawasaki-KLX150-Off-Road-012

Sekalinya AHM terjun di segmen motor trail low-end, yakin deh Kawasaki KLX150 bakal terlihat inferior, khususnya di bagian mesin. Kawasaki KLX150 sejak pertama kali diluncurkan di Indonesia sekitar 7 tahun lalu sampai sekarang masih menggunakan mesin yang sama. Meskipun penampilan sudah mendapatkan sentuhan, tapi engine minim perubahan. Kawasaki KLX150 masih tetap mengandalkan mesin 144 cc, SOHC, 4-stroke, 2-valve, dan berpendingin udara dengan tenaga dan torsi yang minimalis, terlalu kalem untuk motor trail.

Jika tidak ingin tulang punggung penjualannya dihabisi oleh AHM, Kawasaki Motor Indonesia (KMI) perlu memikirkan upgrade mesin Kawasaki KLX150 biar lebih mumpuni. Sayangnya, bagi KMI untuk melakukan upgrade mesin Kawasaki KLX150 juga bukan perkara mudah. Di pasar global Kawasaki nggak punya basis mesin 150 cc selain milik Kawasaki KLX150. Kalau mau upgrade mesin Kawasaki KLX150 sih opsinya mungkin ada dua. Pertama adalah dengan menaikkan kapasitas mesin yang ada sekarang menjadi 180 cc atau malah 200 cc sehingga performa melonjak dan tidak head-to-head dengan Honda dari segi kapasitas mesin, sedangkan opsi kedua mengembangkan mesin yang total baru dengan kapasitas tetap 150 cc! Karena permasalahannya bukan hanya sekedar performa, tapi juga harus comply dengan regulasi Euro 3 kalau mau dijual on the road…

Advertisements