Jajaran Motor Enduro 4T Husqvarna MY 2017: FE 250/350/450/501



Husqvarna-FE-250-Model-Year-2017-001

Anak perusahaan KTM, Husqvarna, secara resmi telah mengumumkan lineup motor enduro model year (MY) 2017. Motor enduro terbaru dari Husqvarna ini tetap mempertahankan komposisi mesin 2T dan 4T. Khusus untuk motor enduro 2T model year 2017 sudah diulas dalam postingan sebelumnya. Secara total ada empat varian motor enduro 2T model year 2017 dari Husqvarna, antara lain Husqvarna TX 125, Husqvarna TE 150, Husqvarna TE 250, dan Husqvarna TE 300 (Baca: Kenalkan… Ini Empat Varian Motor Enduro 2T Husqvarna MY 2017). Lalu, bagaimana untuk motor enduro 4T model year 2017?

Untuk model year 2017, komposisi motor enduro 4T dari Husqvarna masih sama seperti tahun-tahun sebelumnya. Secara total ada empat varian motor enduro 4T, yaitu Husqvarna FE 250, Husqvarna FE 350, Husqvarna FE 450, dan Husqvarna FE 501. Pengembangan keempat motor itu tentu saja dilakukan oleh KTM selaku induk perusahaan Husqvarna. Nggak mengherankan kalau Husqvarna FE 250/350/450/501 bisa dikatakan identik dengan KTM 250/350/450/500 EXC-F dari segi engine maupun frame.

Husqvarna mengklaim bahwa motor enduro model year 2017 yang dikeluarkannya memiliki desain baru, power lebih besar, bobot lebih ringan, serta menggunakan teknologi mutakhir seperti launch control dan traction control, khusus pada motor enduro 4T. Dengan berbagai keunggulan dan fitur yang disematkan, motor enduro terbaru Husqvarna memiliki handling dan performa terbaik di kelasnya, serta lebih mudah dikendarai dalam melibas berbagai kondisi medan yang menghadang. Apa saja yang baru pada motor enduro 4T Husqvarna model year 2017? Berikut ulasannya mas bro!



Husqvarna-FE-250-Model-Year-2017-002

Mesin 4-Stroke Didesain Ulang

Dibandingkan dengan model sebelumnya, motor enduro 4T model year 2017 dari Husqvarna memiliki desain mesin yang baru agar motor lebih powerful, lebih ringan, dan lebih ringkas. Berbagai komponen yang ada di dalam mesin mendapatkan update, termasuk di antaranya cylinder head yang didesain ulang, silinder mendapatkan update, dan menggunakan crankshaft baru. Ketika desain baru pada mesin dan seluruh komponen mesin yang baru dipadukan, maka menghasilkan motor dengan performa terbaik, lebih reliable, dan bobotnya berkurang.

Map Switch dan Traction Control

Pada motor enduro 4T model year 2017 ini Husqvarna melengkapinya dengan map switch di bagian handlebar. Artinya, mas bro bisa melakukan penyetelan, apakah ingin menggunakan power mesin secara maksimal atau tidak. Jika memang digunakan pada track speed off road, mas bro bisa memilih power maksimal, sedangkan jika melalui medan off road yang taktis power lebih rendah bisa dipilih agar motor tidak terlalu liar. Selain itu, motor enduro 4T model year 2017 juga sudah dilengkapi dengan traction control. Cara kerjanya, sistem akan menganalisa input bukaan gas yang dilakukan oleh rider dan besaran rpm yang meningkat pada mesin. Jika rpm meningkat terlalu cepat, ECU akan menandai bahwa motor kehilangan grip dan power yang tersalur pada roda belakang akan dikurangi untuk memaksimalkan torsi pada berbagai kondisi medan.

Husqvarna-FE-350-Model-Year-2017-002

Engine Management System Mendapatkan Update

Husqvarna menggunakan Engine Management System (EMS) buatan Keihin pada motor enduro 4T buatannya. Untuk motor enduro 4T model year 2017, EMS didesain lebih mungil, lebih ringan, dan lebih cepat dalam pemrosesan data. EMS ini dikombinasikan dengan engine map (map switch) yang ada di handlebar dan disetel agar bisa berkolaborasi sempurna dengan sistem traction control.

Throttle Body Baru

Pada motor enduro model year 2017, Husqvarna tetap mengandalkan throttle body 42 mm dari Keihin. Namun, throttle body pada motor enduro model year 2017 benar-benar baru, diposisikan di bagian bawah, dan menyemprot ke atas secara langsung ke throttle valve yang berguna memberikan respon throttle yang lebih baik. Throttle body yang baru dari Keihin ini juga memastikan aliran bahan bakar di dalam combustion chamber berjalan paling efision. Sebagai tambahan, kabel throttle sekarang dihubungkan secara langsung tanpa adanya throttle linkage, membuat respon throttle lebih baik dan memangkas bobot sebesar 100 gram.

Husqvarna-FE-450-Model-Year-2017-001

Sistem Gas Buang dengan Desain Baru

Pada seluruh lineup motor enduro 4T, Husqvarna menyematkan sistem pembuangan yang sudah comply dengan batas kebisingan terbaru yang ditetapkan oleh FIM. Seluruh motor enduro 4T model year 2017 menggunakan header knalpot yang baru dan muffler baru yang lebih pendek. Mufflernya sendiri terbuat dari bahan aluminium yang diposisikan 50 mm lebih dekat dengan mesin agar motor memiliki sentralisasi masa yang lebih baik.

Gearbox Ringan yang Spesifik untuk Motor Enduro

Jajaran motor enduro 4T model year 2017 Husqvarna menggunakan gearbox baru 6-percepatan yang dirancang khusus untuk motor enduro. Seluruh model juga sudah dilengkapi dengan sensor gear baru yang memungkinkan EMS memilih engine map yang cocok untuk masing-masing gear.

Husqvarna-FE-501-Model-Year-2017-001

Kopling DDS

Husqvarna FE series model year 2017 dilengkapi dengan sistem kopling DDS (damped diaphragm steel). Sistem ini membuat tarikan kopling menjadi sangat ringan. DDS kemudian diintegrasikan dengan damping system yang berfungsi meningkatkan traksi dan durabilitas.

Interval Service yang Panjang

Husqvara enduro 4T model year 2017 sudah dilengkapi dengan crankshaft baru untuk memberikan reliabilitas dan durabilitas maksimal. Imbasnya, interval service motor enduro 4T terbaru dari Husqvarna menjadi semakin panjang. Kini interval service motor ini dilakukan setiap 135 jam!

Pengurangan Bobot

Pengurangan bobot motor menjadi salah satu fokus pengembangan yang dilakukan oleh Husqvarna pada motor enduro 4T model year 2017. Dengan desain mesin baru, komponen mesin baru, sasis yang lebih ringan, dan berbagai komponen lain yang lebih ringkas membuat bobot motor enduro 4T Husqvarna model year 2017 berkurang antara 0,7-1,7 kilogram dibandingkan dengan model sebelumnya.

Husqvarna-Enduro-4T-Frame-Model-Year-2017-001

Advertisements