APPKTM Power Trex GTX 150, Trail dengan Ukuran Ban Tidak Lazim

APPKTM-Power-Trek-GTX-150-016

Tingginya permintaan motor trail belakangan ini membuat sejumlah brand lokal ikut terjun di segmen serupa. Gazgas dan Viar memang sudah cukup lekat sebagai produsen motor trail lokal. Namun di luar dua brand itu, masih ada nama lain yang juga masuk ke segmen motor trail yaitu APPKTM. Lineup motor trail APPKTM memang baru ada satu model. Apa lagi kalau bukan APPKTM Power Trex GTX 150… Akan tetapi, APPKTM Power Trex GTX 150 bisa dibilang menggunakan ukuran ban yang sangat nyeleneh dan tidak lazim. Memang berapa ukuran bannya?

APPKTM Power Trex GTX 150 menggendong mesin dengan kapasitas 149 cc, SOHC, 4-stroke, 2-valve, dan berpendingin udara. Tenaga yang dikeluarkan oleh motor ini tergolong minimalis, hanya sebesar 12 HP di putaran mesin 8.500 rpm dan torsi sebesar 9,8 Nm di putaran mesin 7.500 rpm. Desainnya pun nggak bisa dikatakan menarik untuk ukuran motor trail lokal ya, meskipun di sana sudah dilengkapi dengan suspensi upside down berkelir emas dan ada skid plate. Ntah kenapa APPKTM kurang terlihat garang, terutama di sisi headlight dan bodywork.

Terlepas dari spesifikasi dan desain yang kurang menarik, APPKTM Power Trex GTX 150 juga menggunakan ukuran ban yang tidak normal untuk motor trail. Gimana nggak mas bro… Velg belakang APPKTM GTX 150 memiliki dimensi 3.00-17, sedangkan velg depan berukuran 2.75-18 (spesifikasi APPKTM Power Trex GTX 150 bisa dilihat di website resmi APPKTM). Artinya, motor ini memakai kombinasi ban dengan diameter 17-18 inch. Ukuran ini amat sangat tidak lazim bagi motor trail yang biasanya menggunakan diameter ban 16-19 inch atau 18-21 inch. Ukuran ban yang tidak umum bakal menyulitkan pengguna ketika ingin mengganti ban. Mungkin bukan hal yang sulit mencari ban off road dengan diameter 17 inch untuk roda belakang. Tapi mencari ban depan model off road dengan ukuran 18 inch jelas bakal membuat siapapun garuk-garuk kepala… Ada baiknya kalau APPKTM merombak satu-satunya motor trailnya itu dengan menggunakan ban trail berukuran normal, ntah itu 16-19 inch atau 18-21 inch!!

Advertisements