Menarik Kalau Prototipe Motor Trail TVS Diproduksi Massal



TVS-Apache-RTR-300-FX1

Mas bro sekalian… Brand motor asal India, TVS, hingga kini memang belum memiliki lineup motor trail. Namun, flashback sekitar dua tahun lalu, TVS memamerkan prototipe motor trail dengan mesin 300 cc yang diberi nama TVS Apache RTR 300 FX. Paling tidak ini menjadi indikasi awal kalau TVS mulai tertarik dengan motor garuk tanah meskipun hingga sekarang belum direalisasikan ke dalam sebuah produk massal.

Dalam mengembangkan motor trail tentu saja TVS nggak sendirian, melainkan berkolaborasi dengan brand motor off road asal Perancis, Sherco. Jadi jangan heran kalau TVS Apache RTR 300 FX yang dipamerkan pada tahun 2014 itu menggunakan engine, frame, dan desain yang cukup identik dengan Sherco 300 SEF-R. Sherco sendiri bukanlah pemain kacangan di dunia motor off road. Paling tidak Sherco sudah kerap merepotkan, bahkan menjadi juara di sejumlah kompetisi enduro dan hard enduro, ketika melawan brand-brand top lain di segmen off road seperti KTM, Husqvarna, dan Beta.

Apakah cuma itu saja kerja sama antara TVS dan Sherco? Ternyata nggak tuh mas bro… Karena TVS memiliki prototipe motor trail lain yang diberi nama TVS Apache RTR 450. Jelas saja motor ini dibangun dari basis Sherco 450 SEF-R. Malah TVS Apache RTR 450 bisa dibilang sebagai Sherco 450 SEF-R yang ditempeli sticker TVS Racing dan RTR 450. Itu sangat bisa dilihat dari warna biru pada motor merupakan warna milik Sherco, bukan warna biru khas TVS yang lebih muda. Selain itu, pada tahun ini TVS juga melakukan kolaborasi dengan Sherco di ajang Dakar Rally 2016 menggunakan motor Sherco RTR 450 dengan pembalap Alain Duclos, Juan Pedrero, dan Florent Vayssade.



Yah… Walaupun prototipe motor trail TVS masih berupa rebranding dari Sherco, tapi paling nggak itu bisa menjadi ajang pembelajaran bagi TVS, sekaligus transfer teknologi dari Sherco yang sudah sangat berpengalaman di segmen motor off road. Bukan tidak mungkin sejumlah prototipe motor trail yang sudah pernah dipamerkan oleh TVS bakal benar-benar diproduksi massal. Kalau memang mau diproduksi massal, alangkah baiknya kalau TVS memulai dari kapasitas mesin 250 cc atau yang lebih kecil. Mungkin bisa memproduksi versi murah dari Sherco 300 SEF-R… Mesin memakai dari basis Sherco 300 SEF-R yang dikurangi ukuran borenya, disunat powernya, dan menggunakan frame baru yang dikembangkan sendiri oleh TVS. Karena ini adalah motor trail, kunci utamanya adalah bobot nggak boleh terlalu berat dan torsi harus galak… Toh kalau TVS memproduksi motor trail 250 cc nggak akan overlap dengan Sherco lantaran Sherco nggak punya motor trail 250 cc 4-stroke. Syukur kalau harga motor trail TVS bisa jauh lebih murah dari Sherco, bakal banyak dilirik pecinta trail!

TVS Apache 300 FX

Advertisements