Muncul Spy Shot Husqvarna 401 & 701 Vitpilen… Kok Keren Ya?

Husqvarna-401-Vitpilen-Spy-Shot-001

Husqvarna 401 Vitpilen

Mas bro… Sejak dibeli oleh KTM dari BMW, Husqvarna telah bertransformasi menjadi brand yang khusus memasarkan produk motor off road (motocross dan enduro). Husqvarna pun nggak perlu pusing melakukan riset yang membutuhkan dana besar lantaran bisa menggunakan platform yang sama dengan motor off road KTM. Dengan strategi itu bisa dibilang Husqvarna sudah menjadi brand motor yang sehat dan bisa mendulang penjualan cukup baik. Terus apa lagi yang dilakukan oleh KTM agar Husqvarna berkembang?

Sudah cukup kuat di segmen off road, Husqvarna pun kembali terjun ke segmen motor on road. Langkah itu dimulai dengan peluncuran motor dual sport (on road – off road) Husqvarna 701 dan motor bertipe supermoto (on road) Husqvarna 701 Supermoto. Tidak puas sampai di situ, pada gelaran EICMA 2015 di Milan, Husqvarna memamerkan protitope dua tipe motor baru yang benar-benar berorientasi on road. Mereka adalah Husqvarna Vitpilen dan Husqvarna Svartpilen. Sekedar informasi saja, Vitpilen merupakan motor dengan tipe cafe racer, sementara Svartpilen bertipe scrambler. Baik cafe racer maupun scrambler saat ini memang sedang sangat digandrungi oleh konsumen dari berbagai belahan dunia.

Rupanya nih mas bro, Vitpilen bakal hadir lebih dahulu di pasaran ketimbang Svartpilen. Menariknya lagi Husqvarna menyediakan Vitpilen dalam dua varian mesin, yaitu Husqvarna 401 Vitpilen dan Husqvarna 701 Vitpilen. Hal yang sama sangat mungkin terjadi pada varian Svartpilen di masa yang akan datang. Kabar terbaru menyebutkan bahwa Husqvarna sedang dalam proses pengetesan 401 Vitpilen dan 701 Vitpilen sebelum dilempar ke pasaran. Hal itu bisa dibuktikan dari foto spy shot 401 dan 701 Vitpilen yang dipublikasikan oleh media otomotif asal Inggris, Visordown.

Wujud 401 dan 701 Vitpilen yang sedang diuji coba di jalanan tersebut memang sudah sangat gamblang meskipun sangat mungkin desainnya mengalami revisi. Sama-sama mengusung gaya cafe racer, 401 dan 701 Vitpilen sekilas terlihat mirip. Namun jika mas bro jeli memperhatikan, desain keduanya tidak benar-benar identik. Perbedaan paling kentara bisa dilihat di bagian shape tangki bahan bakar dan bagian buntut alias belakang jok keduanya. Selain itu, dimensi 401 Vitpilen tampak lebih mungil ketimbang 701 Vitpilen. Kalau persamaannya sih dua motor itu terlihat sangat macho dengan memperlihatkan frame trellis yang sangat berotot, dan ada kesan sporty berkat stang clip on khas cafe racer!!!

Nah… 401 Vitpilen merupakan motor yang dibangun dari basis KTM Duke 390, mengandalkan mesin satu silinder berkapasitas 373 cc yang bisa memuntahkan tenaga sekitar 43,5 HP. Harga Husqvarna 401 Vitpilen diprediksi nggak akan berbeda jauh dengan KTM Duke 390. Bagaimana dengan Husqvarna 701 Vitpilen? Sudah menjadi rahasia umum kalau 701 Vitpilen dibangun dari platform KTM Duke 690, berupa mesin satu silinder 690 cc yang punya power 73 HP… Kabar yang cukup hot juga mengatakan kalau Husqvarna nggak akan berhenti dengan 401 Vitpilen dan 701 Vitpilen saja. Pabrikan yang berasal dari Swedia ini juga bakal membuat 125 Vitpilen berbasis KTM Duke 125 yang ditujukan bagi rider pemula… Bukan nggak mungkin nanti juga ada 200 Vitpilen atau 250 Vitpilen yang menggunakan basis KTM Duke 200 dan KTM Duke 250… Itu belum termasuk versi Svartpilen dengan pilihan mesin yang sama!! Sadis banget gan!!

Husqvarna-701-Vitpilen-Spy-Shot-001

Husqvarna 701 Vitpilen

Sumber: Visordown

Advertisements