Hot News: Benelli Dinyatakan Bangkrut Oleh Pengadilan Italia

Benelli-Leoncino-500-2016-008

Mas bro… Kabar yang sangat mengejutkan datang dari brand motor asal Italia, Benelli. Kenapa? Tidak ada desas-desus apa-apa, tapi tiba-tiba Benelli dinyatakan bangkrut oleh pengadilan di Italia sana. Alasannya, Benelli tidak membayar utang senilai 120.000 euro atau setara dengan Rp 1,74 miliar, dikonversikan menggunakan Google converter (29/7/2016). Memang  bagaimana detailnya? Yuk disimak!

Menurut Asphalt & Rubber, Benelli masih memiliki tagihan utang sebesar 120.000 euro tersebut kepada WP Suspension. Benelli sebenarnya memiliki komitmen untuk membayar utang itu, tapi WP tetap ngotot menyeretnya ke pengadilan di Pesaro, Italia. Selanjutnya bisa ditebak, pengadilan menyatakan Benelli bangkrut dan memerintahkan untuk membayar tagihan utang kepada WP. Dalam proses ini, beberapa motor yang sudah diproduksi oleh Benelli disita sebagai jaminan untuk pembayaran.

Induk perusahaan Benelli yang berasal dari China, Qianjiang Group, ikut memberikan pernyataan setelah pengadilan memberikan keputusan sidang. Qianjing mengatakan bahwa Benelli merupakan brand yang kuat dan memiliki uang tunai yang cukup untuk membayar utangnya. Rumor mengatakan kalau dana cash yang dimiliki oleh Benelli berada di kisaran 1 juta euro atau setara dengan Rp 14,5 miliar. Benelli pun tidak suka dengan keputusan yang dibuat oleh Pengadilan Pesaro, sehingga mengajukan banding ke Pengadilan Tinggi Ancona.

Apakah langkah yang dilakukan oleh Benelli itu akan sukses? Case ini tentu akan sangat menarik untuk disimak. Namun yang pasti, kinerja keuangan Benelli terus mengalami penurunan. Pada tahun 2014, Benelli mengaku mengalami kerugian sebesar 800.000 euro atau setara dengan Rp 11,6 miliar. Pada tahun 2015 kerugian itu semakin dalam menjadi 5,7 juta euro atau equal dengan Rp 82,63 miliar. Laporan dari Italia juga menyebutkan bahwa kinerja keuangan Benelli masih tetap buruk sepanjang semester pertama 2016.

Kabar-kabar ini memang agak membuat shock ya… Apalagi di EICMA 2015 lalu Benelli meluncurkan empat motor baru yang terlihat sangat menjanjikan dan berpotensi diterima pasar dengan baik. Mereka adalah Benelli Leoncino, Benelli TRK 502, Benelli Tornado 302, dan Benelli Tornado Naked T. Sayangnya sudah hampir satu tahun berlalu, keempat motor itu belum juga dilempar ke pasaran. Ntah itu di Italia, India, Thailand, dan negara-negara lain yang menjadi lumbung penjualan Benelli, belum ada daftar keempat motor itu di dealer. Kita lihat saja deh, apakah Benelli bisa keluar dari masa krisis atau tidak. Toh kalau dari informasi dari Asphalt & Rubber, pengadilan hanya sebatas menyita sejumlah asset Benelli, berupa motor yang sudah diproduksi, bukan membekukan operasional perusahaan.

Benelli-Cafe-Racer-899-002

Advertisements