Waooow… AJP PR4 240 & AJP PR5 250 Rupanya Pakai Mesin Zongshen!



AJP-011

Mas bro… AJP Motos merupakan sebuah brand motor asal Portugal yang sudah eksis selama sekitar 30 tahun. Selama ini AJP Motos fokus dalam memproduksi motor-motor enduro dan supermoto. Nama AJP Motos memang tidak setenar KTM, Husqvarna, Sherco, Beta, atau Gas Gas yang juga pabrikan-pabrikan motor enduro asal Eropa. Motor-motor buatan AJP Motos pun tidak diciptakan sebagai motor kompetisi, melainkan sebagai leisure bike… Beda total dengan produk buatan KTM, Husqvarna, Sherco, Beta, dan Gas Gas yang spesifikasinya memang “ready to race”. Namun, kehadiran AJP Motos paling tidak sudah memberikan warna di segmen motor enduro dan sukses menyediakan motor enduro dengan harga yang lebih murah ketimbang brand-brand Eropa lainnya.

Memang apa resep AJP Motos menciptakan motor dengan harga yang lebih terjangkau? Ternyata kuncinya pada bagian engine mas bro… AJP Motos diketahui tidak mengembangkan engine sendiri. Terus gimana? Mereka memesan engine dari pabrikan asal China, Zongshen… Paling tidak ini terjadi pada lineup AJP PR4 240 dan AJP PR5 250, baik untuk varian enduro maupun supermoto. Itu terungkap dari artikel yang dibuat oleh Enduro21.com tentang AJP PR4 240 dan AJP PR5 250 model year 2017 belum lama ini. Engine AJP PR4 240 kurang lebih mirip seperti Honda GL200 alias Honda Tiger yang dinaikkan kapasitasnya menjadi 233 cc. Mungkin lebih identik lagi dengan Honda CRF230F ya… Sedangkan engine AJP PR5 basisnya sama dengan engine yang digunakan pada Viar Cross X 250 SE dan GazGas GE 250 GZ1 di Indonesia. Belum diketahui apakah AJP PR3 125, AJP PR3 240, dan AJP PR4 125 juga menggunakan mesin buatan Zongshen atau tidak. Kemungkinan besar sih sama… Fakta ini sekaligus menunjukkan kalau engine buatan China, khususnya Zongshen, bukanlah engine kacangan. Terbukti engine buatan Zongshen dipercaya oleh brand motor asal Eropa sekaliber AJP Motos!!

AJP-PR5-Extreme-250-Model-Year-2017-001



Dengan memesan engine dari Zongshen, AJP Motos nggak perlu repot mengembangkan engine sendiri yang bisa membuat biaya riset membengkak. At least mereka tinggal melakukan tuning ulang kalau memang ingin performa engine lebih powerful. Contohnya pada AJP PR4 240, di mana AJP Motos sanggup mengerek tenaganya hingga 20 HP dan torsi 17,6 Nm, sementara AJP PR5 250 bisa digenjot hingga tenaga maksimalnya mencapai 30 HP dengan torsi 27 Nm. Tenaga AJP PR5 250 ini tentu lebih tinggi dibandingkan dengan Viar Cross X 250 SE atau Gazgas GE 250 GZ1 dengan mesin sama, karena kedua motor lokal tersebut tenaganya hanya sekitar 24-25 HP…

Meskipun menggunakan engine buata China, faktanya sejumlah part yang dijejalkan pada motor buatan AJP Motos tergolong part-part dari brand yang mentereng. Misalnya saja suspensi menggunakan merek Sachs atau Marzocchi, sistem hidrolik rem dari BrakTec, brake rotors dari Galfer, handlebar buatan Reikon, ban pakai Michelin S12 XC, karburator Keihin/Deni PZ30 (AJP PR4 240), dan sistem injeksi Delphi 34 mm (AJP PR5 250). So, jangan heran juga kalau harganya nggak murah-murah amat. Lha wong part-partnya tergolong jempolan!!!

Nah… Dalam waktu yang tidak terlalu lama lagi AJP PR4 240, baik versi enduro maupun supermoto, bakal hadir secara resmi ke tanah air melalui Bruder Motorsport Internasional. Motor-motor itu bakal dijual secara street legal alias lengkap dengan surat-surat, namun harganya masih belum jelas mas bro… Kabarnya sih bisa di-setting di bawah Rp 100 juta. Kalau beli AJP PR4 240, mas bro nggak bakal kesulitan mencari spare parts engine lantaran memiliki banyak kesamaan dengan Honda Tiger atau Honda CRF230F. Bagaimana dengan AJP PR5 250? Sayangnya Bruder Motorsport belum berencana menghadirkannya ke Indonesia. Alasannya dari segi harga kurang menarik alias terlalu mahal!!

AJP-010

AJP-017

Advertisements