Tiga Poin Bocoran Mengenai Kolaborasi KTM dan Bajaj di Indonesia



KTM-Duke-250-004

Mas bro… Sudah sejak awal tahun 2016 terdengar kabar mengenai masuknya kembali brand motor asal India, Bajaj, ke Indonesia. Sebelumnya Bajaj sudah pernah eksis di Indonesia, kemudian gulung tikar dan menitipkan salah satu produknya Pulsar 200 NS ke Kawasaki. Sayangnya¬†kolaborasi antara Bajaj dan Kawasaki tidak berjalan mulus. Penjualan Pulsar 200 NS tergolong seret. Kini, Bajaj bakal kembali ke tanah air dengan menggandeng brand motor asal Austria, KTM. Memang seperti apa konsep kerjasamanya?

Kalau mas bro berharap Bajaj bakal membawa kembali produk Pulsar ke Indonesia sepertinya harus gigit jari. Kenapa? Meskipun Bajaj kembali ke Indonesia, yang akan dikembangkan adalah brand KTM, bukan Bajaj. Bajaj punya wewenang untuk mengembangkan KTM di Indonesia lantaran memiliki 48 persen saham di KTM Austria. Kalau KTM untung, jualannya kenceng, kan Bajaj juga yang menikmati. Iya kan? Nah, saya baru saja mendapatkan tiga poin penting mengenai bocoran kolaborasi antara KTM dan Bajaj di Indonesia dari sumber internal KTM Indonesia yang bisa dikatakan 99 persen valid. Berikut tiga poin bocoran tersebut:

  1. KTM dan Bajaj akan berkolaborasi mengembangkan brand KTM di Indonesia.
  2. KTM dan Bajaj berkolaborasi membangun pabrik di Indonesia, yang artinya produk KTM street bike (Duke/RC 200/250/390) bakal didatangkan secara CKD (completely knock down) dan kemudian dirakit di Indonesia.
  3. KTM bakal melakukan relaunch Duke 200/250 dan RC 200/250 dengan harga fantastis!! Duke/RC 200 rencananya dibandrol dengan harga Rp 30 jutaan, sedangkan Duke/RC 250 dihargai Rp 40 jutaan.

Patut digarisbawahi, kolaborasi KTM dan Bajaj di Indonesia untuk sementara waktu hanya berlaku untuk street bike, yaitu Duke 200/250/390 dan RC 200/250/390. Sedangkan untuk varian motor enduro, motocross, dan moge tidak masuk ke dalam rencana kolaborasi, setidaknya dalam waktu dekat ini. Sumber internal KTM Indonesia itu juga mengatakan kepada saya bahwa mereka akan menggelar konferensi pers pada 15 Agustus 2016 di Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS).



KTM-RC-250-002

Advertisements