Royal Enfield Pamerkan Motor Adventure Himalayan di GIIAS 2016

Royal Enfield Himalayan 017

Salah satu brand motor tertua di dunia, Royal Enfield, beberapa waktu yang lalu sudah meluncurkan motor adventure pertamanya di India yang diberi nama Royal Enfield Himalayan. Himalayan bukanlah motor adventure kelas berat yang menggunakan mesin berkapasitas besar, melainkan masuk kategori motor adventure tourer kelas menengah. Mesin yang digendong oleh Himalayan tergolong mesin yang benar-benar baru dari Royal Enfield. Himalayan mengaplikasikan mesin dengan kode LS 410 yang artinya mesin long stroke berkapasitas 410 cc satu silinder. Tenaga yang dihasilkan oleh mesin ini memang nggak besar mas bro, tapi torsinya begitu nampol berkat ukuran stroke yang panjang!!!

Selain dipasarkan di India, bisa dipastikan Himalayan juga akan dijual di Indonesia. Apalagi Royal Enfield telah memiliki satu dealer eksklusif yang berlokasi di Jakarta. Rencananya Himalayan bakal mejeng pertama kali di Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2016. Jadi di GIIAS 2016 mas bro bisa melototin dengan detail si Himalayan. “Motor ini adalah motor ukuran menengah di segmen adventure touring,” ungkap Project Leader Royal Enfield Himalayan Pradeep Matthew, seperti dilansir detikOto.

Himalayan sendiri cukup booming di India dengan permintaan yang cukup tinggi. Namun menurut saya, Himalayan di Indonesia nggak bakal booming seperti di India. Alasan pertama karena harga Himalayan di Indonesia nggak bisa benar-benar murah karena motor dengan mesin 251-500 cc terkena PPN BM 60 persen. Kedua, brand Royal Enfield kurang dikenal di Indonesia. Kebanyakan yang mengenal Royal Enfield adalah para enthusiast motor, terutama pecinta motor klasik. Alasan ketiga, hanya ada satu dealer membuat Royal Enfield sulit menjual produk dalam jumlah banyak. Sangat menarik dinanti nih berapa bandrol harga Himalayan di Indonesia…

Advertisements