KTM Bakal Kembangkan Motor Trail 150 cc 4T Murah untuk Indonesia


KTM-350-EXC-F-Dual-Sport-2017-001

Kolaborasi antara KTM dan Bajaj sudah menabuh genderang perang terhadap sejumlah pabrikan motor yang beroperasi di Indonesia. Produk joint venture KTM-Bajaj dengan mesin under 400 cc didistribusikan melalui PT Penta Jaya Laju Motor dengan harga yang sangat fantastis. Nggak percaya? Duke 200 dibandrol dengan harga Rp 33 juta, RC 200 Rp 37 juta, Duke 250 Rp 44 juta, RC 250 Rp 48 juta, dan RC 390 Rp 99 juta. Rata-rata mengalami penurunan sekitar 40 persen kalau dibandingkan dengan harga sebelumnya. Bagaimana harga motor bisa turun drastis? Mas bro bisa membaca alasannya di artikel yang sudah ditulis di sini.

Nah… Produk joint venture KTM-Bajaj kemungkinan besar nggak cuma berhenti pada street bike under 400 cc saja mas bro, tapi bakal merembet ke segmen trail. Bukan trail high end seperti yang sudah dipasarkan sekarang, melainkan motor trail entry level yang dirancang khusus untuk market negara berkembang seperti India dan Indonesia dengan harga yang kompetitif. Tentu saja motor trail ini akan digunakan oleh KTM dalam melawan motor-motor trail entry level yang sudah ada di Indonesia, salah satunya Kawasaki KLX150 series!

Kemarin, Senin (15/8/2016), disela-sela press conference relaunch KTM Duke/RC series dengan harga baru, saya sempat ngobrol-ngobrol dengan Presiden Direktur PT Penta Jaya Laju Motor, Pak Kristianto Goenadi. Dalam chit-chat itu Pak Kris mengatakan kalau motor trail entry level memang sangat mungkin digarap setelah penurunan harga Duke/RC series. Pak Kris pun mengaku sudah menyodorkan data penjualan motor trail di Indonesia yang tergolong lumayan kepada KTM.

Menariknya, KTM memberikan respon yang cukup bagus dan siap mengembangkan motor trail entry level 150 cc 4-stroke. Artinya mesin ini benar-benar baru karena saat ini KTM nggak punya lineup motor trail dengan mesin 150 cc 4-stroke, dan menurut Pak Kris pengembangan motor bisa dilakukan dengan cepat. “Development engine mereka (KTM) punya banyak sekali ya… Jadi kasarnya untuk trail entry level 150 cc mereka bisa lakukan dengan cepat. Mesin ini total baru, hanya desainnya mereka ambil desain yang sudah ada sekarang,” tutur Pak Kris…

Terlihat banget kan kalau KTM memang sudah sangat ngebet dengan market roda dua di Indonesia yang besar tapi termasuk cukup sensitif terhadap masalah harga. Soalnya harga motor trail KTM yang sekarang benar-benar spesial karena berada di atas Rp 100 juta. Terus kapan motor trail 150 cc dari KTM melenggang ke pasaran? Memang belum ada timeline yang jelas mas bro… Pak Kris sendiri mengatakan produk lain seperti trail entry level baru bisa digelontorkan kalau Duke/RC under 400 cc dengan harga murah ini sukses di pasaran. “Pemain Jepang lain (Honda) tahun depan juga siap-siap main trail. Kita bilang ke KTM, nggak tau kapan lagi si trail ini bisa naik atau indikatornya turun. Jadi kita bilang, kita harus mengambil sikap lah… Tapi betul kita harus proven, kita sukses dulu di sini dengan Duke/RC. Setelah ini sukses, model apapun kita minta untuk Indonesia akan lebih mudah,” tutupnya.

KTM-Indonesia-Kristianto-Goenadi-dan-AZ-Dalie-001


Advertisements