Pabrik Sudah Aktif Lagi, Lineup Motor Gas Gas Semakin Komplit



Gas-Gas-TXT-300-Racing-022

Well… Tahun 2015 lalu pabrikan motor off road asal Spanyol, Gas Gas Motos, dinyatakan bangkrut oleh Pengadilan Niaga Girona karena tak sanggup membayar utang yang mencapai lebih dari US$ 30 juta. Imbasnya, pabrik Gas Gas terpaksa ditutup, produksi motor dihentikan, dan perusahaan mesti merumahkan para karyawan. Beruntung sekali pada tahun 2016 Torrot yang juga perusahaan asal Spanyol datang menyelamatkan Gas Gas hingga akhirnya bisa kembali memproduksi motor off road yang selama ini memang sudah menjadi trademark bagi Gas Gas.

Di segmen motor off road, Gas Gas mesti bertarung melawan para kompetitor seperti KTM, Husqvarna, Beta, dan Sherco. Produk awal yang diluncurkan adalah motor trial 2-stroke Gas Gas TXT Pro 300 Racing dan motor enduro 2-stroke Gas Gas EC 300 Racing. Ya, tidak ada lagi cara yang bisa dilakukan kecuali dengan menghidupkan kembali produk lawas. Produk lawas Gas Gas, baik di segmen motor trial maupun enduro, dianggap sudah cukup bagus. Gas Gas tinggal melakukan sedikit update terhadap fitur agar produknya lebih kompetitif kalau dibandingkan dengan para pesaing.

Setelah beberapa bulan pabrik Gas Gas beroperasi kembali, kini lineup motor Gas Gas sudah semakin lengkap mas bro… Selain Gas Gas TXT 300 Racing dan Gas Gas EC 300 Racing sudah nongol berbagai model lain yang tak kalah menarik. Di segmen motor trial misalnya, Gas Gas kini punya enam varian produk sekaligus. Mereka adalah Gas Gas TXT Pro 125 Racing, Gas Gas TXT Pro 250 Racing, Gas Gas TXT Pro 280 Racing, Gas Gas TXT Pro 300 Racing, Gas Gas Contact 250, dan Gas Gas Contact 300.



Bagaimana dengan segmen enduro? Lineup produk enduro Gas Gas memang belum selengkap trial. Gas Gas masih mengandalkan dua model motor enduro 2-stroke, yaitu Gas Gas EC 250 Racing dan Gas Gas EC 300 Racing. Motor enduro 2-stroke lainnya, Gas Gas EC 200 Racing, dan lineup motor enduro 4-stroke yang dulu pernah meramaikan pasar motor enduro belum nongol di website Gas Gas. Sepertinya Gas Gas masih konsen terlebih dahulu di segmen motor trial karena segmen ini masih minim yang menggarap, sedangkan di segmen motor enduro persaingannya jauh lebih kejam, terutama dari KTM dan Husqvarna yang begitu superior.

Menariknya, di samping memiliki lineup motor trial dan enduro, Gas Gas juga punya satu lineup motor lain yang disebut sebagai E-Kids. Tidak salah lagi, ini merupakan motor electric untuk anak-anak dengan desain layaknya motor off road. Bukan rahasia lagi kalau Torrot merupakan produsen sepeda dan motor electric, sehingga Gas Gas juga mendapatkan tugas menjual motor electric dengan teknologi dari Torrot yang desainnya bergaya motor off road khas Gas Gas. Sejauh ini Gas Gas baru memiliki dua varian motor yang masuk ke dalam kategori E-Kids. Mereka adalah Gas Gas E12 dengan gaya khas motor enduro dan Gas Gas T12 yang menyerupai motor trial.

Sayang seribu sayang, sampai sekarang belum ada lagi distributor resmi Gas Gas di Indonesia. Sebelumnya Gas Gas di Indonesia didistribusikan oleh PT El Rhino Global. Namun, PT El Rhino Global sekarang sudah menjadi distributor resmi Yamaha CBU Off Road Indonesia dan tidak ada tanda-tanda untuk kembali memasukkan produk Gas Gas ke Indonesia. Satu-satunya jalan buat mas bro yang tertarik meminang motor buatan Gas Gas ya via importir umum (IU). Konsekuensinya nggak mendapatkan garansi… Itu belum termasuk ketersediaan spare parts yang tentunya bikin pusing kepala. Lha wong beli via distributor resmi saja nggak ada jaminan ketersediaan spare parts, apalagi beli putus dari IU…

Gas Gas Trial Bike:

  • Gas Gas TXT Pro 125 Racing
  • Gas Gas TXT Pro 250 Racing
  • Gas Gas TXT Pro 280 Racing
  • Gas Gas TXT Pro 300 Racing
  • Gas Gas Contact 250
  • Gas Gas Contact 300

Gas Gas Enduro Bike:

  • Gas Gas EC 250 Racing
  • Gas Gas EC 300 Racing

Gas Gas E-Kids Bike:

  • Gas Gas E12
  • Gas Gas T12

Gas-Gas-EC-300-Racing-008

Advertisements