• Home »
  • Article »
  • Wiiiih… Cleveland Bakal Ramaikan Pasar Motor Trail di Indonesia!!!

Wiiiih… Cleveland Bakal Ramaikan Pasar Motor Trail di Indonesia!!!



Cleveland-FXx-and-Hooligun-X-001

Saat brand motor asal Jepang ogah-ogahan bermain di segmen motor trail, brand lain non-Jepang justru terus berdatangan mengisi segmen ini. Terbaru adalah Cleveland yang akan segera meramaikan pasar motor trail di Indonesia. Ada yang sudah kenal dengan brand motor Cleveland? Cleveland merupakan brand motor yang berasal dari Amerika Serikat, tepatnya Kota Cleveland, sebuah kota yang berada di Negara Bagian Ohio. Kalau mas bro masih asing dengan brand Cleveland rasanya sangat wajar, karena brand yang satu ini baru dibangun sejak tahun 2009. So, umurnya masih sangat muda, baru sekitar 7 tahun.

Cleveland sendiri sudah masuk ke Indonesia secara resmi. Awalnya Cleveland fokus memasarkan motor dengan desain retro/classic maupun motor custom juga dengan desain retro. Namun seiring dengan berjalannya waktu, Cleveland terjun ke segmen motor modern, dan yang menjadi pilihan Cleveland adalah motor trail! Saat ini Cleveland sudah memiliki beberapa lineup motor trail, mulai dari Cleveland FXx dan FXR yang menggunakan mesin 110 cc hingga Cleveland Hooligun X dan Hooligun R dengan pilihan mesin 250/450 cc. Rencananya motor-motor itu bakal diboyong ke Indonesia dalam waktu dekat mas bro, membuat pilihan motor trail di tanah air jadi semakin banyak… Nggak ada salahnya juga kalau sekarang kita sedikit bahas mengenai lineup motor trail yang dimiliki oleh Cleveland ya…

Cleveland FXx

Cleveland FXx merupakan varian motor trail yang bisa dibilang sangat unik dan menarik. Kenapa? Desainnya nggak seperti kebanyakan motor trail pada umumnya mas bro… Cleveland FXx memiliki desain yang sangat simple, ringkas, dan sangat ramping. Malah Cleveland FXx lebih condong seperti motor trial daripada motor trail dengan ketinggian jok yang pendek dan sangat bersahabat. Bagaimana dengan sektor mesin? Cleveland FXx menggunakan mesin dengan kapasitas 110 cc model tidur kayak motor bebek di Indonesia. Perpaduan antara desain yang minimalis, ramping, ringkas, dan mesin 110 cc ini membuat bobot Cleveland FXx sangat ringan, hanya sekitar 70 kg saja. Pasti asyik banget ya bobot motor seringan itu untuk bermain off road… Oh ya, Cleveland FXx adalah motor off road tulen (non-street legal). Itu bisa dilihat dari tidak adanya headlight, tail light, mirror, hingga rear fender!



Cleveland-FXx-001

Cleveland-FXx-004

Cleveland-FXx-007

Cleveland-FXx-008

Cleveland FXR

Bisa dibilang Cleveland FXR merupakan varian street legal dari Cleveland FXx. Desainnya keduanya nggak menyimpang sama sekali. Dijamin sama persis mas bro… Mesinnya pun sama, berkapasitas 110 cc. Kalau ada yang berbeda tentu saja terletak pada kelengkapan motor. Sebagai motor street legal yang bisa digunakan di jalan raya, Cleveland FXR dipasangi headlight, tail light, lampu sign, rear fender yang juga berfungsi sebagai holder nomor polisi, mirror, dan speedometer. Kalau melihat desain headlight, di sana terlihat ada kesamaan dengan Viar Cross X 150 SF, Viar Cross X 250 SE, Gazgas Hummer 150, dan Gazgas GE 250 GZ1. Dari situ sebenarnya mas bro sudah bisa menebak dari mana asal muasal motor ini, meskipun brand-nya sendiri berasal dari Amerika Serikat.

Cleveland-FXR-001

Cleveland-FXR-002

Cleveland-FXR-004

Cleveland-FXR-005

Cleveland Hooligun X

Cleveland Hooligun X memiliki desain yang jauh berbeda dengan Cleveland FXx/FXR. Kalau Cleveland FXx/FXR cenderung mirip motor trial, Cleveland Hooligun X memiliki desain selayaknya motor trail murni. Melihat desainnya, Cleveland Hooligun X memiliki kesamaan dengan Viar Cross X 250 SE dan Gazgas GE 250 GZ1. Nggak cuma sama sih, tapi identik. Bukan nggak mungkin desain, frame, hingga mesin sama-sama disediakan oleh pabrikan China, Zongshen. Di Amerika Serikat, Cleveland Hooligun X dipasarkan dalam dua varian mesin, yaitu 250 cc dan 450 cc. Menurut saya motor ini masuk ke dalam kategori street legal off road. Kenapa? Bannya pakai ban off road tulen, tapi dari foto-foto terlihat kalau motor ini dilengkapi dengan kelengkapan jalan raya seperti headlight, tail light, lampu sign, rear fender, plate holder, dan speedometer.

Cleveland-Hooligun-X-002

Cleveland-Hooligun-X-001

Cleveland-Hooligun-X-006

Cleveland-Hooligun-X-010

Cleveland Hooligun R

Pada dasarnya Cleveland Hooligun R merupakan motor yang identik dengan Cleveland Hooligun X. Desain secara keseluruhan dipastikan nggak menyimpang dari Viar Cross X 250 SE dan Gazgas GE 250 GZ1. Bedanya, Cleveland Hooligun R menggunakan ban tipe street layaknya supermoto. Sama seperti Cleveland Holligun X, Cleveland Hooligun R memiliki pilihan mesin 250 cc dan 450 cc yang tentu saja legal digunakan di jalan raya. Ini bisa menjadi pilihan bagi konsumen yang menginginkan motor bergaya trail tapi hanya dipakai di perkotaan saja.

Cleveland-Hooligun-R-002

Cleveland-Hooligun-R-003

Cleveland-Hooligun-R-008

Cleveland-Hooligun-R-009

Nah… Dalam waktu yang tidak terlalu lama lagi, sejumlah lineup motor trail Cleveland akan dipasarkan di Indonesia. Tipe-tipe mana saja yang akan dibawa memang masih belum ketahuan. Namun menurut saya, akan lebih baik kalau yang masuk ke Indonesia adalah Cleveland FXR yang sudah street legal karena konsumen bisa lebih fleksibel mau dipakai on road atau off road. Selain itu, Cleveland FXR lebih bersahabat untuk bermain off road hingga malam hari lantaran sudah ada lampunya. Toh secara spesifikasi frame dan engine sama persis dengan varian off road, Cleveland FXx. Saya cukup ngiler juga nih sama Cleveland FXR, soalnya punya desain yang sangat unik dan nggak pasaran.

Kemudian satu motor lagi yang berpotensi dipasarkan di Indonesia Cleveland Hooligun X dan Hooligun R dengan mesin 250 cc. Kemungkinan sih Cleveland Hooligun X yang bergaya off road bisa lebih laris ketimbang Cleveland Hooligun R yang bergaya supermoto. Sayangnya, Cleveland Hooligun X jelas akan mendapatkan tantangan dari Viar Cross X 250 SE dan Gazgas GE 250 GZ1 yang sudah lebih dulu eksis karena desainnya sama pleeek. Tinggal nanti dilihat seperti apa spesifikasi yang diusung oleh Cleveland dan berapa pula harganya. Sedangkan di pasar motor supermoto permintaannya memang kecil. Tapi bukan nggak mungkin Cleveland malah bisa sukses di segmen ini melalui Cleveland Hooligun R. Segmen supermoto lebih minim pesaing. Baik Viar maupun Gazgas nggak mengeluarkan varian supermoto. Pesaing terdekat ya cuma Kawasaki D-Tracker X yang harganya Rp 65 jutaan. Tentu harga Cleveland Hooligun R mesti diset di angka Rp 40 jutaan untuk membangkitkan peminat. Next, kalau ada info tambahan mengenai Cleveland kita update deh!

Cleveland-FXx-006

Advertisements