Prototipe Viar Cross X 200 SF 4-Valve Juga Nongol di VMICC

Viar-Motor-Indonesia-Coaching-Clinic-014

Mas bro… Di acara Viar Motor Indonesia Coaching Clinic (VMICC) lalu, terlihat jelas sosok motor prototipe Viar Cross X 250 SF. Tapi ternyata sosok motor prototipe yang ada di VMICC nggak cuma itu saja. Dalam foto rilis yang dikirimkan oleh Viar Motor Indonesia kepada Adventuriderz.com, di sana secara samar-samar sosok motor prototipe lain yang diyakini sebagai calon Viar Cross X 200 SF dengan mesin 200 cc 4-valve!! Kok bisa cukup yakin mas?

Sebenarnya sosok motor prototipe Viar Cross X 200 SF dengan mesin 200 cc 4-valve bukan pertama kali muncul di VMICC. Fotonya pernah nongol di bulan Juni 2016 lalu yang bisa dilihat di sini atau di foto paling bawah, sedangkan di VMICC salah satu fotonya ada di atas ya mas bro… Walaupun nggak terlihat secara utuh, namun tampak sosok motor trail dengan desain yang cukup ganteng, cenderung mirip dengan Viar Cross X 250 SE yang menggunakan frame twin spar, dan suspensi upside down di bagian depan yang sangat kekar.

Viar-Cross-X-200-SF-002

Kenapa bisa yakin kalau itu adalah sosok motor prototipe Viar Cross X 200 SF 4-valve? Selain karena wujudnya identik dengan foto yang beredar sebelumnya, di situ juga terlihat kalau motor menggunakan mesin gen Kaizen yang menggunakan sistem pendingin udara. Mirip-mirip dengan Honda Tiger atau Viar Cross X 200 GT lah… Memang di bagian bawah shroud ada penutup/protektor radiator. Namun faktanya nggak ada raditor di motor itu. Ya bisa dibilang hanya aksesoris tambahan biar nggak terkesan kopong kalau dilihat dari depan.

Ketika saya konfirmasi kepada pihak Viar Motor Indonesia, memang sumber Adventuriderz.com itu mengiyakan kalau perusahaan sedang mengembangkan motor trail dengan mesin 200 cc 4-valve. Jelas saja motor ini lebih powerful dan lebih torque kalau dibandingkan dengan Viar Cross X 200 GT yang menggunakan mesin 200 cc 2-valve sekarang. “Masih trial mas… Masih banyak model trail (prototipe) kita. Yang 200 cc 4-klep (valve) masih trial juga. Pokoknya kita nggak mau main-main,” tutur doi.

Viar-Motor-Indonesia-Coaching-Clinic-013

Coba perhatikan kalimat yang terakhir mas bro… “Pokoknya kita nggak mau main-main”… Sepertinya itu jadi warning buat para kompetitor kalau Viar sangat serius menggarap segmen motor trail di Indonesia. Dua motor trail yang sudah jelas ada prototipenya dan sedang menjalani uji coba adalah Viar Cross X 200 SF 4-valve dan Viar Cross X 250 SF. Apakah ada prototipe motor trail yang lain? Nggak tau juga sih mas bro… Belum ada bocoran atau info yang cukup gamblang.

Viar-Cross-X-200-GT-4V-004

Advertisements