KTM Mulai CKD Duke & RC Series Tahun 2017, Lokasi Pabrik di Gresik



KTM-Indonesia-Duke-250-GIIAS-2016-005

PT Penta Jaya Laju Motor (PJLM) selaku Agen Pemegang Merek (APM) resmi street bike KTM sub 400 cc, menggemparkan pasar roda dua di Indonesia dengan menurunkan harga KTM Duke & RC hingga 40 persen sejak pameran Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2016 lalu. Gimana nggak gempar mas bro… KTM Duke 200 yang dulu dibandrol Rp 57 juta turun jadi Rp 33 juta, KTM RC 200 turun dari Rp 59 juta jadi Rp 37 juta, KTM Duke 250 turun harga dari Rp 69,5 juta ke Rp 44 juta, KTM RC 250 yang semula harganya Rp 74 juta dipangkas jadi Rp 48 juta, dan terakhir KTM RC 390 kini harganya turun menjadi Rp 99 juta dari sebelumnya Rp 125 juta.

Kenapa kok harganya bisa turun secara drastis? Alasan pertama adalah Penta Jaya bisa memangkas alur distribusi motor. Maksudnya gimana mas? Seperti ketahui, seluruh street bike KTM sub 400 cc diproduksi oleh Bajaj Auto di India. Tapi alur distribusinya bisa dibilang jelimet. Produk yang diproduksi di India itu mesti dikirim dulu ke Austria untuk dilakukan repackaging, baru dikirim ke Indonesia. Jelas biaya distribusi jadi membengkak. Kini Penta Jaya bisa langsung mengambil KTM Duke & RC di bawah 400 cc dari India. Lebih menguntungkan lagi karena antara Indonesia dan India ada perjanjian dagang, sehingga barang impor dari India ada potongan bea masuk. Ini menjadi salah satu faktor kenapa harga KTM Duke & RC 200/250/390 di Indonesia bisa turun signifikan.

Alasan kedua yang bisa menurunkan harga KTM Duke & RC 200/250/390 di Indonesia adalah rencana Penta Jaya yang akan membangun pabrik perakitan motor di Indonesia. Artinya, kalau selama ini motor KTM diimpor secara utuh (CBU), nantinya bakal diimpor secara terurai (CKD). Dalam CKD ini juga ada sejumlah insentif yang membuat biaya menjadi lebih rendah lagi. So, motor yang dijual oleh Penta Jaya sekarang merupakan motor CBU dengan harga yang sudah disesuaikan dengan harga CKD. Nanti saat proses CKD dimulai, Penta Jaya tidak perlu repot menyesuaikan (menurunkan) harga lagi karena harganya sama dengan harga yang berlaku saat ini. Kapan proses CKD dimulai???



Presiden Direktur PT Penta Jaya Laju Motor Pak Kristianto Goenadi mengatakan kalau proses CKD paling cepat dimulai pada tahun 2017 mendatang mas bro… Pabrik perakitan motor KTM sendiri kabarnya berlokasi di Gresik, Jawa Timur, yang notabene memang terkenal sebagai kota industri penyokong Surabaya. Memang dalam membangun pabrik nggak bisa instan, membutuhkan waktu yang nggak sebentar. Cukup logis rasanya kalau Pak Kris bilang pabrik perakitan baru siap dalam 1-2 tahun mendatang. Gimana, mau beli KTM Duke & RC 200/250/390 versi CBU yang dijual seharga CKD atau nunggu yang produk CKD sekalian mas bro?? Harganya nggak beda. Tapi mungkin nanti saat proses CKD dimulai, yang beredar adalah KTM Duke & RC model baru!

Advertisements