Penta Jaya Kabarnya Bakal Request Motor Trail KTM Versi Murah

KTM-350-EXC-F-Dual-Sport-2017-003

Mas bro sekalian… KTM melalui PT Penta Jaya Laju Motor (PJLM) melakukan gebrakan di Indonesia dengan menurunkan harga jual street bike KTM sub 400 cc sebesar 40 persen. Nggak bisa dipungkiri, penurunan harga itu membuat KTM Duke & RC 200/250/390 menjadi sangat menarik dibandingkan dengan sebelumnya. Namun, penurunan harga itu baru sebatas pada street bike dengan kubikasi mesin di bawah 400 cc. Padahal, di sisi lain KTM sangat terkenal dengan dirt bike-nya. Banyak penggemar KTM dan penggemar dirt bike pun bertanya-tanya, apakah akan ada motor trail KTM versi pahe??

Dalam obrolan dengan Presiden Direktur PT Penta Jaya Laju Motor Pak Kristianto Goenadi di GIIAS 2016 lalu, Pak Kris mengakui kalau Penta Jaya tertarik memasarkan motor trail murah di Indonesia. Data-data mengenai penjualan motor trail di Indonesia dari kompetitor juga sudah disodorkan kepada prinsipal sebagai bahan pertimbangan. Bahkan Pak Kris memberikan indikasi motor trail entry level yang akan dibuat oleh KTM nanti menggunakan mesin 150 cc 4T yang benar-benar baru (Baca: KTM Bakal Kembangkan Motor Trail 150 cc 4T Murah untuk Indonesia).

“Development engine mereka (KTM) punya banyak sekali ya… Jadi kasarnya untuk trail entry level 150 cc mereka bisa lakukan dengan cepat. Mesin ini total baru, hanya desainnya mereka ambil desain yang sudah ada sekarang. Pemain Jepang lain (Honda) tahun depan juga siap-siap main trail. Kita bilang ke KTM, nggak tau kapan lagi si trail ini bisa naik atau indikatornya turun. Jadi kita bilang, kita harus mengambil sikap lah… Tapi betul kita harus proven, kita sukses dulu di sini dengan Duke/RC. Setelah ini sukses, model apapun kita minta untuk Indonesia akan lebih mudah,” tutur Pak Kris kala itu…

KTM-Indonesia-Kristianto-Goenadi-dan-AZ-Dalie-001

Lalu, bagaimana kelanjutan project motor trail entry level itu sekarang? Dalam wawancara dengan detikOto, Pak Kris bilang kalau nanti Bajaj Auto sudah memproduksi motor trail KTM, maka motor itu juga bisa diboyong ke Indonesia melalui Penta Jaya. Bukan apa-apa mas bro, karena Penta Jaya merupakan distributor resmi KTM di Indonesia yang terafiliasi langsung dengan Bajaj Auto. Artinya, motor KTM tipe apapun yang diproduksi oleh Bajaj Auto (termasuk trail nantinya) bisa dipasarkan oleh Penta Jaya. Sayangnya sampai sekarang Bajaj Auto memang belum diberi wewenang memproduksi trail. Bajaj Auto sendiri merupakan pemilik 48 persen saham KTM Austria, dan kini baru mendapat tugas memproduksi lineup street bike KTM di bawah 400 cc (KTM Duke & RC 125/200/250/390). Jika trail masih diproduksi sendiri oleh KTM Austria seperti sekarang, maka sulit menjualnya dengan harga murah.

Meskipun demikian, peluang munculnya motor trail murah dari KTM belum sepenuhnya tertutup… Penta Jaya masih fokus lebih dulu pada penjualan street bike KTM sub 400 cc. Motor-motor ini ditargetkan bisa terjual sebanyak 20.000 unit per tahun. Jika target bisa tercapai, Penta Jaya bisa langsung request alias menekan KTM agar mengembangkan motor trail entry level dengan harga terjangkau untuk konsumen di Indonesia. Kapan waktunya? Ya dipantau saja paling nggak sekitar tahun 2018 nanti lah mas bro… Memang agak lama, nggak bisa instan. Semoga sudah ada progres di waktu tersebut…

“Trail kita belum mulai saat ini, tapi demand-nya cukup besar dan India juga mulai di sana. Jadi kapanpun mereka (Bajaj Auto) start, kita ikut start. Memang kita sudah bicara bahwa trail itu sendiri sesuai dengan demand di seluruh dunia, bukan hanya di Indonesia. Di dunia, harusnya entry level itu juga besar gitu yah… Kalau Indonesia, bicara target 20.000 unit itu bukan nggak mungkin kita request (trail), kita dapat prioritas ke sana,” kata Pak Kris kepada detikOto.

Advertisements