Sony HDR-AS300R & FDR-X3000R, Action Cam Menarik Selain GoPro



sony-action-camera-001

Kali ini kita nggak membahas motor ya, tapi membahas mengenai action camera. Bukan rahasia lagi kalau action cam sekarang sudah sangat lekat dengan dunia otomotif. Naik motor, main off road, bahkan driving menggunakan mobil pun nggak asyik kalau nggak dipasangi action cam. Apalagi sekarang banyak yang bilang “no photo/video = hoax”. Praktis action cam menjadi alat yang sangat menarik untuk dokumentasi perjalanan atau hanya sekedar untuk membuat video blog yang sedang cukup ngetren.

Kalau ngomongin action cam tentu saja pikiran langsung akan melayang ke merek yang bernama GoPro. Sebagai pioneer, nama GoPro memang sudah sangat terkenal. Bisa dibilang GoPro adalah dewanya action cam dengan kualitas gambar yang yahud, aksesoris bejibun, dan harga yang nggak bisa dibilang murah. Apa nggak ada action cam yang bagus selain GoPro di pasaran? Sebenarnya banyak banget action cam yang tersedia di pasaran. Namun tetap saja nama besar GoPro sulit untuk digulingkan.

Nah… Baru-baru ini Sony mengeluarkan dua produk action cam yang mungkin bisa menjadi alternatif menarik selain GoPro. Sony bukanlah nama baru di industri elektronik. Kamera-kamera buatan Sony terkenal memiliki kualitas gambar yang bagus. Bahkan sensor kamera buatan Sony itu terpasang pada banyak merek action cam, termasuk salah satunya GoPro. Ini bukan pertama kalinya Sony mengeluarkan action cam. Sayangnya action cam terdahulu masih belum cukup sukses sebagai penantang GoPro. Agak lucu ya sebenarnya… Sensor kamera GoPro dibuat oleh Sony, tapi action cam Sony secara produk belum bisa mengalahkan penjualan GoPro. Memang seperti apa action cam terbaru dari Sony? Bagaimana spesifikasinya? Berapa harganya? Pasti banyak pertanyaan ya!



sony-action-camera-002

Sony HDR-AS300R

  • Menggunakan sensor Sony CMOS Exmor R
  • Image processor BIONZ X
  • Memakai lensa Zeiss Tessar
  • Kemampuan merekam dengan kualitas full HD
  • Dibekali fitur Optical Image Stabilization (OIS) dengan nama Balanced Optical SteadyShot (BOSS)
  • Dibekali Live View Remote
  • Harga US$ 300 atau setara Rp 3,9 juta

Sony FDR-X3000R

  • Menggunakan sensor Sony CMOS Exmor R
  • Image processor BIONZ X
  • Memakai lensa Zeiss Tessar
  • Kemampuan merekam dengan kualitas 4K
  • Dibekali fitur Optical Image Stabilization (OIS) dengan nama Balanced Optical SteadyShot (BOSS)
  • Dibekali Live View Remote
  • Harga US$ 400 atau setara Rp 5,2 juta

Bisa dibilang antara Sony HDR-AS300R dan Sony FDR-X3000R merupakan dua action cam yang mirip. Perbedaan mencolok antara kedua kamera ini terletak pada kualitas rekaman, di mana Sony HDR-AS300R hanya bisa memberikan kualitas full HD sementara Sony FDR-X3000R bisa memberikan kualitas yang jauh lebih tinggi hingga 4K. Dalam kondisi standar, kedua kamera tidak masalah terkena cipratan air. Tapi, kalau mau dipakai buat menyelam, Sony menyediakan underwater housing yang mampu membuatnya bertahan hingga kedalaman 60 meter. Menariknya, Sony membekali dua kamera itu dengan Live View Remote yang menyerupai jam tangan. Nggak perlu lagi menghubungkannya dengan smartphone karena udah ada remote-nya lengkap dengan layar kang! Sayang Sony HDR-AS300R dan Sony FDR-X3000R baru akan dipasarkan akhir September 2016 di Amerika Serikat. Kapan masuk ke Indonesia? Masih belum jelas… Yang jelas kamera ini menjadi opsi yang sangat menarik sebagai action cam berkualitas tinggi selain GoPro Hero 4. Cocok dipasang di helm nih!!

Advertisements