Beberapa Dealer Suzuki Selingkuh Jadi Dealer KTM… Biyuuuhh!!



KTM-Indonesia-Duke-250-GIIAS-2016-005

Lineup motor yang cuma segelintir, penjualan anjlok, dan produk unggulan yang terus tergerus membuat sejumlah dealer Suzuki pening bukan main. Bayangkan saja, market share Suzuki di Indonesia cuma berada di angka 1 persen. Market share ini lebih rendah dibandingkan Kawasaki yang notabene harga produknya di atas Rp 30 juta, dan hanya sedikit lebih tinggi dibandingkan dengan TVS yang juga masuk sebagai anggota AISI (Asosiasi Industri Sepeda Motor Indonesia). Terjunnya market share Suzuki memang nggak mengherankan, karena produk andalan Suzuki sekarang cuma si ayago Satria F150. Sayangnya penjualan motor terus menunjukkan tren menurun, sedangkan motor sport 150 cc yang digadang-gadang bisa mengangkat Suzuki dari keterpurukan nggak juga nongol. Hal itu membuat sejumlah dealer Suzuki gulung tikar, tapi nggak sedikit pula yang selingkuh menjadi dealer brand lain.

Seperti dikutip dari Otomotifnet.com, setidaknya sudah ada dua dealer Suzuki yang selingkuh menjadi dealer KTM, yaitu dealer Mitraindo yang berada di Serpong dan Rempoa. KTM Mitraindo Serpong dan KTM Mitraindo Rempoa merupakan jaringan dealer KTM di bawah naungan distributor PT Penta Jaya Laju Motor (PJLM) yang kini sedang sangat gencar memasarkan produk street bike KTM sub 400 cc. “Iya, beberapa ada yang dari Suzuki sekarang jadi KTM. Mitraindo sebelumnya adalah dealer Suzuki,” ungkap Karmanto, tim Aftersales Service Department PT Penta Jaya Laju Motor.

Ya, mungkin saja Mitraindo Serpong dan Mitraindo Rempoa menilai menjadi dealer KTM memiliki prospek yang lebih cerah ketimbang menjadi dealer Suzuki. Pasalnya, PT Penta Jaya Laju Motor selaku distributor telah memangkas harga street bike KTM di bawah 400 cc hingga 40 persen dibandingkan dengan harga sebelumnya. Pemangkasan harga tersebut membuat demand terhadap motor KTM meningkat drastis, yang ujungnya memikat para pengusaha dealer untuk menjadi mitra KTM. PT Penta Jaya Laju Motor sendiri menargetkan bisa memiliki sembilan hingga 10 dealer di Jakarta dan Bandung hingga akhir tahun 2016.



Harga Street Bike KTM Sub 400 cc Penta Jaya Laju Motor

  • KTM Duke 200 – Rp 33.000.000
  • KTM RC 200 – Rp 37.000.000
  • KTM Duke 250 – Rp 44.000.000
  • KTM RC 250 – Rp 48.000.000
  • KTM RC 390 – Rp 99.000.000

Daftar Jaringan Dealer KTM – Penta Jaya Laju Motor

  • KTM Sunter
  • KTM Mitraindo Serpong
  • KTM Mitraindo Rempoa
  • KTM Trans Studio Mall (TSM) Bandung

Mitraindo bukan satu-satunya dealer Suzuki yang selingkuh ke brand lain. Di luar sana masih banyak mantan dealer Suzuki yang mengalihkan bisnis dengan menjual produk dari brand lain, mulai dari Benelli, Viar, hingga Happy. Yang tutup total juga nggak sedikit. Kalau Suzuki masih ingin eksis ya harus berbenah, jangan bebal, dan kudu mengerti keinginan konsumen Indonesia. Masih nekat jadi brand yang bebal? Siap-siap saja semakin banyak dealer yang gulung tikar, penjualan pun semakin mengenaskan!!!

Advertisements