KTM 450 EXC-F Six Days Spain Dual Sport Tampil Lebih Keren Gan!

ktm-450-exc-f-six-days-spain-dual-sport-001

Pada dasarnya KTM 450 EXC-F merupakan motor enduro yang siap diajak melibas berbagai kondisi medan off road sampai yang tersulit sekalipun dengan tenaga yang tentu saja sangat buas. Namun, untuk pasar sejumlah negara, KTM membuat versi dual sport dari KTM 450 EXC-F, sebut saja namanya dengan KTM 450 EXC-F Dual Sport. Versi dual sport memiliki kelengkapan yang lebih komplit, seperti kaca spion, lampu sign, stop lamp, hingga rear fender yang berfungsi sebagai plate holder. Pemasangan kelengkapan ini dilakukan agar motor bisa legal dipakai di jalan raya (street legal). Tidak hanya itu saja, varian dual sport juga menggunakan ban model dual purpose alias bukan ban off road murni layaknya varian enduro.

Nah… Baru-baru ini diketahui kalau KTM meluncurkan KTM 450 EXC-F Six Days Dual Sport!! “Six Days” bisa dibilang sebagai special edition dengan spec yang lebih tinggi ketimbang varian standar. Six Days sudah jamak atau malah dipastikan tersedia pada varian enduro. Tapi kali ini Six Days juga merambah di varian dual sport, meskipun baru terbatas pada motor yang menggunakan mesin 450 cc (KTM 450 EXC-F Six Days Dual Sport). Memang apa yang membuat varian Six Days menjadi begitu spesial dalam lineup motor enduro/dual sport KTM?

Satu hal yang pasti, KTM 450 EXC-F Six Days memiliki grafis yang berbeda dengan varian standar. Pada bagian body lebih menonjolkan logo “6 Days” dan “Spain”, sedangkan logo KTM hanya berukuran kecil di beberapa bagian. Lho kok ada kata Spain di sana? Yups… Motor enduro KTM model year 2017 diluncurkan bertepatan dengan International Six Days Enduro (ISDE) 2016 yang dihelat di Navarra, Spanyol (Spain). Maka untuk varian Six Days terbaru juga diberi nama Six Days Spain. Pada model sebelumnya menggunakan nama Six Days Argentina, kemudian Six Days Slovakia. Perbedaan antara varian standar dan Six Days jelas nggak cuma bagian grafisnya saja. Ada banyak banget kelebihan varian Six Days yang tidak dimiliki oleh varian standar. Penjabarannya ada di bawah:

KTM 450 EXC-F Six Days Spain Dual Sport

  • Suspensi depan WP XPLOR yang dilengkapi dengan preload adjuster
  • Triple clamps berwarna orange yang dibuat menggunakan mesin CNC
  • Handlebar diberi logo Six Days
  • Sprocket belakang berwarna orange
  • Floating front disc brake
  • Solid rear disc brake
  • Menggunakan Selle Dalla Valle Wave Factory Racing Seat
  • Sudah dilengkapi skid plate untuk melindungi mesin
  • Memakai front axle puller
  • Chain guide berwarna orange
  • Velg besar dengan logo Six Days
  • Frame berwarna orange
  • Radiator dilengkapi fan
  • Memakai grafis Six Days yang eksklusif

Itu belum termasuk performa KTM 450 EXC-F Six Days Spain Dual Sport yang konon lebih powerful dibandingkan dengan varian standar. Lebih menarik lagi karena di varian Six Days sudah dilengkapi dengan traction control, membuat bermain off road menjadi lebih menyenangkan karena ban motor senantiasa mendapatkan traksi dalam kondisi apapun. Sayangnya, KTM 450 EXC-F Six Days Spain Dual Sport memang nggak dipasarkan di Indonesia. Indonesia paling hanya kebagian versi enduro KTM 450 EXC-F Six Days Spain. Kalau mau dibikin jadi dual sport yang street legal tinggal dipasangi lampu sign, kaca spion, dan rear fender yang lebih besar sebagai dudukan nomor polisi. Satu hal lagi yang nggak kalah penting untuk menjadikannya motor enduro KTM 450 EXC-F Six Days Spain sebagai motor dual sport adalah dengan mengganti ban standar yang berorientasi off road ke model dual purpose biar enak dipakai di dua alam sekaligus, on road dan off road ringan.

Advertisements