Melihat Lebih Detail Viar Cross X 200 SF Bermesin 200 cc 4-Valve

viar-cross-x-200-sf-002

Penampakan prototipe Viar Cross X 200 SF di Bima, Nusa Tenggara Barat

Viar Motor Indonesia memang diketahui sedang mengembangkan motor baru yang kemungkinan diberi nama Viar Cross X 200 SF. Foto mengenai Viar Cross X 200 SF sudah pernah muncul di sini, di sini, dan di sana. Kenapa diberi nama Viar Cross X 200 SF? Kabar yang masuk ke newsroom Adventuriderz.com mengatakan bahwa “SF” sendiri memiliki makna “special frame”. Artinya, Viar Cross X 200 SF menggunakan frame yang berbeda dan lebih spesial dibandingkan dengan frame milik Viar Cross X 200 SE/GT yang ada sekarang. Memang apa bedanya?

Menurut informasi yang berbeda, Viar masih terus melakukan uji coba terhadap Viar Cross X 200 SF agar motor benar-benar siap sebelum dilempar ke pasaran. Pengujian yang dilakukan sendiri cukup menarik karena prototipe Viar Cross X 200 SF sudah seringkali ikut serta dalam ajang balap grasstrack di bawah komando Viar Racing Team. Sebelumnya prototipe Viar Cross X 200 SF menampakkan diri di Viar Motor Indonesia Coaching Clinic (VMICC) yang dihelat di Sirkuit Viar Motor Indonesia BSB, Semarang. Pantauan terakhir, motor prototipe yang satu ini sudah sampai di Bima, Nusa Tenggara Barat, untuk mengikuti ajang grasstrack di sana.

Jadi kalau mas bro lihat berbagai foto penampakan Viar Cross X 200 SF, tampak sangat jelas kalau motor ini menggunakan frame model twin spar, sedangkan Viar Cross X 200 SE/GT masih mengandalkan frame double cradle yang tampak jadul. Frame twin spar milik Viar Cross X 200 SF sekilas mirip dengan frame milik Viar Cross X 250 SE. Namun, frame Viar Cross X 200 SF terlihat lebih ramping, lebih compact, dan tidak selebar milik Viar Cross X 250 SE. Suspensi depan sendiri masih tetap mengandalkan model upside down dan suspensi belakang mono shock dengan tabung, persis banget kayak punya Viar Cross X 250 SE. Dari sisi penampilan, no doubt lah… Viar Cross X 200 SF ganteng banget… Masuk banget ke mindset para penggemar motor trail di Indonesia!!

Info menarik lainnya, selentingan kabar yang masuk mengatakan bahwa Viar Cross X 200 SF bakal menggunakan engine yang sedikit berbeda dibandingkan dengan Viar Cross X 200 SE/GT. Kalau Viar Cross X 200 SE/GT yang sekarang dipasarkan mengandalkan mesin 200 cc, SOHC, 4-stroke, 2-valve, dan berpendingin udara, maka Viar Cross X 200 SF menggunakan mesin yang sama dengan 4-valve!! Jumlah valve yang lebih banyak inilah yang menjadi pembeda. Imbasnya, dengan jumlah valve yang lebih banyak, Viar Cross X 200 SF memiliki tenaga yang lebih besar, lebih powerful, dan lebih torque.

Kehadiran Viar Cross X 200 SF memang cukup dinantikan oleh para penggemar trail lokal yang menginginkan motor dengan desain bagus, tenaga melimpah, spesifikasi oke, serta perawatan mudah dan murah tapi dengan harga yang reasonable. Sayangnya sampai sekarang pihak Viar masih bungkam mengenai waktu peluncuran Viar Cross X 200 SF. Satu hal yang pasti, Viar Cross X 200 SF bersama dengan Viar Cross X 250 SF masih dalam tahap pengembangan. Semoga saja kedua motor trail itu sudah bisa meramaikan pasar pada awal tahun 2017 mendatang. Sekarang pelototin dulu deh foto-foto Viar Cross X 200 SF yang sudah masuk ke newsroom Adventuriderz.com di page ini!!

Viar-Cross-X-200-GT-4V-004

Penampakan prototipe Viar Cross X 200 SF di pabrik Viar – Semarang

Viar-Cross-X-200-SF-002

Penampakan prototipe Viar Cross X 200 SF di VMICC, Sirkuit Viar BSB – Semarang

Viar-Cross-X-200-GT-006

Viar Cross X 200 GT sebagai pembanding

VIAR-Cross-X-250-020

Viar Cross X 250 SE sebagai pembanding

Advertisements