Nongol Spy Shot Motor Adventure BMW F 310 GS… Ganteng Bro!!

bmw-f-310-gs-001

Kabar mengenai rencana BMW Motorrad yang sedang mengembangkan motor adventure-tourer kecil berbasis BMW G 310 R ternyata bukan isapan jempol semata mas bro… Kabar terbaru menyebutkan bahwa motor adventure-tourer ini diberi nama BMW F 310 GS, menjadi varian GS paling kecil yang ada dalam lineup motor BMW Motorrad. Lebih menarik lagi… Spy shot BMW F 310 GS sudah nongol di sejumlah media, salah satunya diunggah oleh Motociclismo!!

Yups… Motociclismo mendapatkan jepretan foto tiga unit BMW F 310 GS sedang melakukan pengujian di Eropa untuk pertama kalinya. Dua unit BMW F 310 GS dilabur dengan warna merah, sedangkan satu lagi mengandalkan warna hitam. Asyiknya… Ketiga motor nggak ditempeli stiker kamuflase layaknya motor prototipe yang sedang diuji coba di jalanan, sehingga penampakan motor adventure-tourer kecil BMW F 310 GS ini amat sangat jelas dan gamblang sekali mas bro!! Seperti apa wujudnya?

bmw-f-310-gs-003

Dari foto-foto itu, terlihat BMW F 310 GS memiliki tampang yang adventure banget! Tangki berukuran besar, ada front fender paruh burung tepat di bawah headlight, suspensi upside down yang membuatnya terlihat sangat kekar, dan di bagian belakang jok ada semacam rak sebagai dudukan top box untuk keperluan touring atau perjalanan jarak jauh. Mungkin yang agak mengecewakan adalah headlight BMW F 310 GS menggunakan model single headlight, bukan model dual headlight asimetris seperti GS lainnya yang bermesin lebih besar (F 700 GS, F 800 GS, & R 1200 GS).

bmw-f-310-gs-004

Satu hal lagi… BMW F 310 GS kayaknya lebih condong sebagai motor adventure on road. Itu bisa dilihat dari penggunaan velg model cast wheel dengan diameter masing-masing 17 inch baik di bagian depan maupun bagian belakang. Belum diketahui apakah nanti BMW Motorrad hanya menyediakan satu varian atau ada lebih dari satu varian. Semoga saja nanti BMW Motorrad juga menyediakan BMW F 310 GS yang lebih beraura off road, yaitu menggunakan velg model spoke wheel berdiameter 17-19 inch atau malah 18-21 inch!!

bmw-f-310-gs-002

Nah… BMW F 310 GS sendiri dibangun dari basis motor naked sport BMW G 310 R. Motor itu menggunakan mesin 313 cc, DOHC, 4-stroke, 4-valve, dan berpendingin cairan yang mampu memuntahkan tenaga sebesar 34 HP dan torsi 28 Nm. Baik BMW G 310 R maupun BMW F 310 GS dikembangkan langsung oleh BMW Motorrad, namun untuk produksi motor diserahkan kepada TVS agar cost structure menjadi lebih rendah… Imbasnya, BMW Motorrad bisa masuk ke pasar-pasar negara berkembang dengan menyediakan produk berharga lebih murah. Kemungkinan BMW F 310 GS pertama kali menampakkan diri secara resmi ke publik di EICMA 2016, Milan. Sayangnya, langkah BMW Motorrad membangun BMW F 310 GS ini juga akan mendapatkan tantangan dari KTM yang konon kabarnya juga sedang mengembangkan motor adventure-tourer kecil bernama KTM 390 Adventure…

Advertisements