• Home »
  • Article »
  • Gilaaaa… Africa Twin Terjun di Balap Enduro “Weston Beach Race”!!

Gilaaaa… Africa Twin Terjun di Balap Enduro “Weston Beach Race”!!



weston-beach_adrian_dennis_900

Di kompetisi hard enduro, sudah sangat lazim para rider menginginkan motor dengan tenaga yang cukup dan bobot seringan mungkin. Maka nggak mengherankan kalau motor-motor enduro seperti KTM 250/300 EXC, Husqvarna TE 250/300, atau motor enduro lain yang menjadi pilihan. Namun, hal gila akan dilakukan oleh Dave Thorpe dan Steven Sword… Kenapa? Pasalnya mereka bakal ikut tampil di ajang balap enduro “Weston Beach Race” menggunakan motor adventure-tourer Honda CRF1000L Africa Twin!!

Dave Thorpe adalah juara dunia motocross sebanyak empat kali, sementara Steven Sword merupakan juara motocross di Inggris sebanyak delapan kali. Tentu mereka akan mendapatkan PR yang sangat berat ketika race menggunakan Africa Twin. Bukan apa-apa nih mas bro… Africa Twin dengan mesin 1.000 cc dua silinder memang memiliki tenaga yang sangat beringas. Tapi di sisi lain, motor ini juga memiliki bobot sangat berat. Bayangkan saja, bobot Africa Twin mencapai 232 kg. Bobot itu masih lebih berat dibandingkan dengan dua unit KTM 250/300 EXC yang bobotnya hanya sekitar 105 kg saja…

Meskipun demikian, Dave Thorpe dan Steven Sword nggak ngoyo-ngoyo banget karena mereka cukup sadar nggak mudah menaklukkan Africa Twin di lintasan off road yang ekstrem. Mereka akan berusaha menggeber motor dengan sekencang-kencangnya di lintasan lurus (speed off road) lantaran sadar dalam kondisi lintasan off road yang lebih teknis mereka bakal kehilangan banyak waktu. Weston Beach Race sendiri akan berlangsung pada 7-9 Oktober 2016. Kita lihat saja apakah Dave Thorpe dan Steven Sword dengan Africa Twin bisa berbuat banyak.



16YM CRF1000L Africa Twin

“Kami ikut serta dalam ajang tersebut dan memutuskan untuk membalap dengan Africa Twin. Sebagai tim balap, kami memiliki rider yang mengejar kemenangan, jadi kami akan mencoba untuk tidak keluar dari jalur mereka. Tetapi untuk aku dan Steven, ajang ini adalah untuk menampilkan Africa Twin dan berusaha untuk bersenang-senang. Jelas kami tidak berusaha untuk menang di sana, kami hanya akan mencoba untuk survive. Satu jam pertama akan menyenangkan, satu jam kedua menjadi tantangan, dan jam ketiga akan menjadi kerja keras,” ujar Dave Thorpe sembari menambahkan bahwa dia dan Steven akan berusaha menikmati jalannya perlombaan.

Advertisements