Viar Luncurkan Cross X 250 ES, Apa Bedanya dengan Cross X 250 SE??

viar-cross-x-250-es-002

Tanpa banyak gembar-gembor, PT Triangle Motorindo (ATPM Viar Motor Indonesia) secara resmi sudah meluncurkan motor trail baru yang diberi nama Viar Cross X 250 ES. Konon kabarnya nama “ES” yang berada di bagian belakang memiliki arti enduro series. Artinya, memang memfokuskan motor ini untuk segmen enduro. Satu hal yang menarik, Viar Cross X 250 ES sudah disebar di jaringan dealer resmi Viar Motor Indonesia. Mungkin mas bro masih penasaran, apa bedanya Viar Cross X 250 ES dengan Viar Cross X 250 SE yang sudah diluncurkan sejak Februari 2015 lalu?

Informasi yang masuk ke newsroom Adventuriderz.com dari Marketing Communication PT Triangle Motorindo Mas Frengky Osmond, Viar Cross X 250 ES membawa sejumlah pembaruan kalau dibandingkan dengan Viar Cross X 250 SE. Sebelumnya banyak keluhan mengenai bobot Viar Cross X 250 SE yang berat, mencapai 126 kg. Sebagai motor off road, memang nggak mengherankan kalau Viar Cross X 250 dituntut memiliki bobot yang ringan agar nggak membuat rider cepat lelah ketika melakukan adventure. Bobot motor yang lebih enteng juga memudahkan rider melakukan manuver di jalur off road. Nah… Hal masukan-masukan itu sudah didengar oleh Viar dengan mengeluarkan Viar Cross X 250 ES!!

Kalau diperhatikan, secara fisik memang nggak ada perbedaan penampilan antara Viar Cross X 250 ES dengan Viar Cross X 250 SE. Namun menurut Mas Frengky, Viar Cross X 250 ES sudah mengalami penurunan bobot yang cukup signifikan. Bobotnya kini hanya tinggal 112 kg saja alias turun 14 kg dari Viar Cross X 250 SE lawas (126 kg). Masih kata doi, Viar mengutak-atik di bagian triple clamp yang dibuat dari bahan lebih ringan menggunakan mesin CNC sehingga lebih presisi. Kemudian bagian kaki-kaki, khususnya swing arm juga mendapatkan sentuhan menggunakan bahan yang ringan. Nggak heran kalau bobotnya bisa terpangkas sangat banyak! Uniknya, Viar masih belum mengganti bahan main frame karena masih terbuat dari bahan dasar steel.

“Jadi untuk spesifikasi masih sama persis dengan yang lama, hanya di beberapa komponen jadi konsentrasi untuk diringankan. Yang paling kelihatan di area kemudi (triple clamps) yang diganti pakai bahan CNC. Bobot pastinya 112 kg mas. Material yang diubah bagian kaki-kaki, termasuk arm belakang mas. Frame belum diubah, maybe next project… Unit sudah ada di dealer-dealer mas,” tutur Mas Frengky.

Menariknya nih mas bro, walaupun bobot Viar Cross X 250 ES sudah diet jauh lebih ringan ketimbang Viar Cross X 250 SE, tapi nggak ada kenaikan harga. Jadi mas bro bisa mendapatkan motor yang lebih ringan dengan harga tetap mulai dari Rp 34 jutaan off the road (tergantung wilayah). Satu lagi informasi dari Mas Frengky… Dengan kehadiran Viar Cross X 250 ES, Viar secara resmi membunuh Viar Cross X 250 SE lawas. Kalau masih ada Viar Cross X 250 SE di dealer-dealer ya berarti itu barang baru stok lama. Semoga berguna…

viar-cross-x-250-es-001

Advertisements