• Home »
  • Article »
  • Suzuki Perkenalkan V-Strom 250 di China… Cocok Diboyong ke Indonesia Nih!

Suzuki Perkenalkan V-Strom 250 di China… Cocok Diboyong ke Indonesia Nih!

Suzuki V-Strom 250

Selain memperkenalkan motor sport full fairing GSX-R250 di China, Suzuki rupanya juga memperkenalkan motor adventure yang diberi nama V-Strom 250 dengan kode DL250. Penamaan ini mengacu pada motor adventure yang lebih besar milik Suzuki, yaitu V-Strom 650 dan V-Strom 1000.

Sepertinya Suzuki cukup sadar kalau market motor adventure cukup menggeliat, sehingga perusahaan terjun langsung ke kelas motor adventure seperempat liter mendahului Kawasaki, Honda, dan Yamaha. Setelah V-Strom 250, kemungkinan baru Kawasaki Versys 250 yang nongol ke pasaran, sedangkan Honda dan Yamaha belum diketahui kapan terjun di segmen ini.

Satu hal yang menarik adalah, meskipun mengusung nama V-Strom tapi faktanya V-Strom 250 nggak menggunakan mesin dengan konfigurasi v-twin seperti para kakaknya. Terus pakai mesin apa? Sejumlah sinyalemen mengatakan kalau V-Strom 250 menggunakan mesin 250 cc, SOHC, parallel-twin, dan berpendingin cairan yang identik dengan milik Inazuma 250 dan GSX-R250.

Suzuki V-Strom 250

Rasa-rasanya sih V-Strom 250 jauh lebih cocok dimasukkan oleh oleh Suzuki ke Indonesia untuk mendampingi Inazuma 250 ketimbang GSX-R250. Kenapa? Konsumen di segmen adventure nggak begitu mempedulikan apakah mesinnya SOHC atau DOHC, power nggak tinggi pun tak masalah… Yang pasti, motor mutlak harus nyaman!! Dan itu ada pada V-Strom 250!!!

Berbeda dengan motor sport full fairing, mending GSX-R250 nggak diboyong ke Indonesia daripada jadi penghuni gudang. Secara spesifikasi jelas GSX-R250 kalah telak kalau dibandingkan dengan Kawasaki Ninja 250, Yamaha YZF-R25, dan Honda CBR250RR. Di kelas ini konsumen butuh motor yang advance dan kencang. Sayangnya itu nggak ada pada GSX-R250. Power yang cuma 24 HP bakal jadi bahan ledekan walaupun harganya bisa dibuat murah.

Kesimpulannya, kalau Suzuki Indonesia mau nambah lineup di kelas 250 cc, V-Strom 250 lah jawabannya. V-Strom 250 yang memang lebih berorientasi on road ketimbang off road bisa menjadi pelepas dahaga pada penggemar touring adventure di Indonesia yang marketnya masih kosong melompong, belum ada pabrikan lain yang bermain. Gimana Suzuki?

Suzuki V-Strom 250

Advertisements