Sinnis Apache SMR 125, Si Supermoto Cakep Buatan Tiongkok



sinnis-apache-smr-125-001

Produk-produk buatan Tiongkok (China) memang sudah menyebar ke berbagai penjuru dunia, nggak terkecuali di sektor industri otomotif roda dua. Nggak sedikit orang yang masih meragukan barang buatan Tiongkok, tapi faktanya nggak sedikit pula produk-produk asal Tiongkok yang sudah bisa menembus pasar-pasar negara maju seperti Amerika Serikat maupun negara-negara di Eropa. Dari situ sebenarnya bisa dilihat kualitas produk buatan Tiongkok sudah banyak yang mampu bersaing di pasar global.

Salah satu produk buatan Tiongkok yang akan kita ulas kali ini adalah Sinnis Apache SMR 125 yang notabene merupakan motor dengan gaya supermoto. Mungkin masih banyak yang nggak paham dengan brand motor “Sinnis”. Namun menariknya, Sinnis merupakan mitra Suzuki dalam memproduksi motor di China. Jadi paling tidak kualitas produk – baik motor utuh maupun mesin – buatan Sinnis sudah lebih mendingan kalau dibandingkan dengan brand-brand China yang lainnya.

Kembali soal Sinnis Apache SMR 125… Desain supermoto yang satu ini tergolong ganteng dan nggak pasaran. Banyak lekukan-lekukan body yang tajam membuatnya tampak beringas. Apalagi Sinnis Apache SMR 125 sudah mengaplikasikan suspensi depan model inverted telescopic alias upside down yang kekar dan swing arm kece, sedangkan frame trellis dilabur dengan warna orange yang ngejreng! Nggak cuma itu saja, Sinnis Apache SMR 125 sudah dilengkapi dengan dashboard digital dan socket USB lho… Kalau rider kehabisan baterai HP/GPS nggak perlu repot-repot mencari tempat untuk charging.



Kalau ada kekurangan desain, menurut Adventuriderz.com itu terletak di bagian engine. Di sana terlihat frame nggak bisa menutupi ukuran engine yang mungil, jadi ada kesan ‘kopong’. Bakal lebih menarik kalau frame dan engine terlihat menyatu, sehingga nampak lebih berisi. Mungkin kesan kopong itu juga terjadi karena engine yang digunakan pada Sinnis Apache SMR 125 hanya berkapasitas 124 cc satu silinder berpendingin udara yang mampu mengeluarkan tenaga minimalis sebesar 11 HP. Mesin motor ini memang nggak istimewa. Bahkan bisa dibilang sangat basic kalau dibandingkan dengan supermoto Eropa macam Yamaha WR125X. Selain itu, lebih menarik pula kalau Sinnis Apache SMR 125 dipasangi spoke wheel tapak lebar ketimbang cast wheel…

Ya harus disadari Sinnis Apache SMR 125 bukanlah motor dengan teknologi yang advance, apalagi untuk pasar Eropa. Namun setidaknya motor ini menawarkan value yang cukup baik. Di Inggris, Sinnis Apache SMR 125 model year 2017 dibandrol dengan harga sekitar 2.000 pound sterling atau setara dengan Rp 32 juta on the road. Mahal?? Wajar kok!! Harga motor-motor entry level di Eropa memang mahal-mahal, bahkan untuk level 125 cc sekalipun. Toh Sinnis Apache SMR 125 tergolong murah kalau di sana. Kabarnya, Sinnis Apache SMR 125 model year 2017 baru akan dipasarkan mulai Maret 2017 mendatang… Bakal laku nggak ya kalau dijual di Indonesia??

sinnis-apache-smr-125-002

Advertisements