• Home »
  • Article »
  • Viar Goda Off-Roader dengan Cross X 200 ES… Speedometer Full Digital Nih…

Viar Goda Off-Roader dengan Cross X 200 ES… Speedometer Full Digital Nih…

viar-cross-x-200-es-001

Mas bro… Viar Motor Indonesia terus menggoda para penggemar motor trail dengan cukup seringnya motor terbaru mereka, Cross X 200 ES, nongol di dunia maya. Kalau sebelumnya yang kerap nongol di dunia maya merupakan motor prototipe, sekarang yang nongol merupakan Cross X 200 ES versi mass production alias produksi massal. Tersebar melalui jejaring Facebook, Cross X 200 ES versi produksi massal difoto di area pabrik Viar Motor Indonesia yang berada di kawasan Bukit Semarang Baru (BSB), Semarang, Jawa Tengah… Seperti apa penampakannya?

Terlihat Cross X 200 ES versi produksi massal nggak berbeda jauh dengan versi prototipe. Motor ini mengandalkan frame model twin spar dan suspensi depan upside down yang membuatnya terlihat ganteng dan kekar. Kalau pada versi prototipe nggak dipasangi headlight, pada versi produksi massal ini sudah dilengkapi dengan headlight. Di dalam foto juga terlihat Cross X 200 ES dilengkapi dengan rear fender sebagai dudukan plat nomor, tail light, dan lampu sign. Tentu ini mengindikasikan kalau Cross X 200 ES merupakan motor street legal dan dijual dalam bentuk on the road alias lengkap dengan surat-surat.

Ada lagi yang menarik dari Cross X 200 ES? Pastinya ada dong!! Coba deh perhatikan, Cross X 200 ES terlihat menggunakan panel speedometer full digital dengan ukuran yang cukup minimalis. Motor trail menggunakan panel speedometer digital berukuran kecil sudah sangat lumrah kok. Motor-motor trail brand Jepang dan Eropa juga nggak memakai speedometer digital degnan layar besar. Yang penting di layar memberikan display informatif bagi rider. Memang belum gamblang seperti apa wujudnya kalau dinyalakan. Tapi kemungkinan dalam konsol itu terdapat informasi mengenai speedometer, odometer, fuel meter, dan bisa jadi minus tachometer.

viar-cross-x-200-es-004

Namun amat sangat disayangkan, desain headlight Cross X 200 ES ini nyerempet-nyerempet dengan punya Kawasaki KLX150 model baru. Serius deh, ini sangat disayangkan. Mestinya Viar harus berani keluar dari bayang-bayang desain motor-motor lain yang sudah tenar lebih dulu. Apalagi desain headlight Cross X 200 SE/GT yang sudah keluar sebelumnya banyak dikatakan mirip dengan punya KTM. Cuma usul saja, coba deh Viar bikin desain headlight yang benar-benar original. Biar saat orang melihat, orang bakal bilang “ini motor Viar”!! Jangan sampe orang malah bilang “lho kok kayak KTM”, “lho kok mirip KLX”, “kok kayak CRF”, dst…

Sekedar flashback saja… Rencananya Cross X 200 ES dibekali dengan mesin 200 cc, SOHC, 4-stroke, 4-valve, dan berpendingin udara. Kalau dilihat sekilas mesinnya memang mirip dengan Cross X 200 SE/GT, hanya saja Cross X 200 ES ini pakai empat klep (4-valve). Imbasnya apa? Bocoran yang masuk ke newsroom Adventuriderz.com sih bilang kalau tenaga Cross X 200 ES lebih tinggi 5 HP dari Cross X 200 SE/GT. Kalau Cross X 200 SE/GT punya tenaga 10 kW (13,4 HP), ya kurang lebih Cross X 200 ES tenaganya kurang lebih 18-19 HP. Benar atau tidaknya ya kita lihat nanti karena spec resminya belum keluar.

Mungkin mas bro semua masih penasaran, kapan Cross X 200 ES dirilis ke pasaran? Berdasarkan rencana awal Cross X 200 ES dirilis pada awal Oktober 2016. Sayangnya hingga minggu ketiga Oktober motor ini belum juga nongol batang stangnya. Kabar yang masuk dari sumber internal mengatakan peluncuran Cross X 200 ES ditunda karena ada permasalahan suplai parts dari vendor. Semoga saja masalah ini nggak berlarut-larut cukup lama, soalnya nggak sedikit para pecinta motor trail yang nunggu kehadiran Cross X 200 ES. Apalagi bandrol harga Cross X 200 ES tergolong menarik kalau melihat spec-nya… Salah satu dealer resmi Viar di Jawa Timur malah sudah membuka kran indent Cross X 200 ES dengan harga Rp 25,5 juta off the road atau Rp 28,5 juta on the road. Siapin duit sekitar itu deh mas bro!!

viar-cross-x-200-es-002

viar-cross-x-200-es-003

viar-cross-x-200-es-005

Advertisements