Beta RR Racing Model Year 2017 akan Dipamerkan di EICMA 2016

beta-rr-2t-250-300-model-year-2017-004

Brand motor off road asal Italia, Beta, sudah memberikan update terhadap lineup motor enduronya untuk model year 2017 sejak beberapa bulan yang lalu. Namun itu hanya sebatas pada varian standar. Pada pameran otomotif terbesar di dunia, EICMA 2016, Milan, yang digelar bulan November ini, Beta sudah berancang-ancang memamerkan lineup motor enduro Beta RR Racing yang merupakan kasta tertinggi dan sudah mendapatkan berbagai gelar juara dunia kelas E3 dengan bantuan pembalap Steve Holcombe dan Johnny Aubert.

Selain fitur baru yang sudah terpasang pada Beta RR standar, pada varian racing ini bakal diberi fitur-fitur yang lebih menawan, terutama di bagian suspensi yang akan semakin memanjakan para pembalap. Rencananya varian racing dari Beta RR akan tersedia dalam berbagai macam kubikasi mesin, yaitu 250/300 2T dan 350/390/430/480 4T. Seluruh varian itu sudah lolos regulasi Euro 4 dan akan dipamerkan di booth G80, hall 10, EICMA 2016 di Milan. Terus apa bedanya antara Beta RR varian standar dengan Beta RR Racing??

Chassis

Engineers Beta berusaha dengan sangat keras untuk meningkatkan performa suspensi pada Beta RR Racing. Berdasarkan hasil bagus yang didapatkan oleh para rider official Beta di ajang balap, mereka meningkatkan wheelbase dan stroke pada suspensi depan Sachs 48 mm, serta meningkatkan kualitas part internal pada suspensi agar performa dan kehandalan suspensi menjadi lebih baik. Masih seperti varian standar, suspensi Beta RR Racing menggunakan oli Liqui Moly yang sudah teruji bisa mengurangi friksi dan memberikan performa yang konsisten dalam event panjang.

Premix

Beta RR 2T standar dilengkapi dengan oil injection system, membuat rider nggak perlu repot-repot mencampur bensin dan oli samping ketika mengisi tangki bahan bakar. Hal ini memang sangat simple karena antara bensin dan oli samping bisa tercampur secara otomatis berkat adanya oil injection system. Tapi pada Beta RR Racing 2T sedikit berbeda. Engineers Beta justru memutuskan untuk tidak memasang oil injection system. Alasannya sih jelas, untuk mengurangi bobot motor lantaran ini edisi racing yang perlu bobot ringan. Jadi rider perlu melakukan pencampuran sendiri antara bensin dan oil samping (premix) sebelum memasukkannya ke tangki bahan bakar. Meskipun demikian, karburator dan sistem wiring electric Beta RR Racing 2T sudah siap kalau rider ingin memasang oil injection system. Oil injection system sendiri bisa dibeli secara terpisah dan dipasang sendiri dengan mudah!

Special Component

Sebagai motor enduro edisi racing, sudah tentu Beta RR Racing dibekali sejumlah komponen yang spesial dan tidak ada pada varian standar. Pemasangan komponen yang spesial lebih kebanyakan ditujukan untuk mengurangi bobot motor. Maklum, motor edisi racing bobotnya kudu enteng. Komponen spesial itu antara lain: sprocket belakang dari bahan aluminium, rim buatan Excel, racing seat, tuas transmisi dan tuas rem belakang berwarna hitam anodize, dan lain-lain.

Advertisements