AJP PR7… Ini Sih Bukan Sekedar Motor Adventure!

ajp-motos-intermot-2016-003

Di segmen motor off road, AJP Motos yang berasal dari Potugal bukanlah pabrikan papan atas. Levelnya masih sulit dibandingkan dengan KTM, Husqvarna, Beta, dan Sherco, baik itu dari segi kapasitas produksi, performa dan bobot motor, maupun kemenangan di berbagai kejuaraan off road. Akan tetapi, AJP menawarkan produk yang memiliki performa lumayan dengan harga terjangkau. Istilahnya “price vs performance” yang menarik. Nggak heran kalau AJP lebih fokus pada market leisure bike ketimbang performance bike.

Selain menawarkan varian motor enduro dan supermoto, baru-baru ini AJP memiliki lineup motor baru yang masuk ke dalam kategori motor adventure. Dia adalah AJP PR7. Secara penampilan, PR7 ini nggak seperti motor adventure pada umumnya. Fisik PR7 cenderung ramping dengan jok sempit, tipis, dan memanjang, sangat mirip seperti motor off road yang kemudian diberi tambahan headlamp layaknya motor yang dipakai untuk balap Dakar Rally. Sebagai motor adventure, ban yang dipasang pada PR7 bertipe dual purpose dengan ukuran 18-21. Tentu konsumen bisa dengan mudah menggantinya dengan ban off road tulen kalau ingin menggunakan PR7 ke medan off road yang lebih ekstrem, karena standar ban off road memang berukuran 18-21.

Beralih ke sektor mesin, PR7 menggunakan mesin 600 cc satu silinder yang konon katanya buatan pabrikan motor asal Italia, Speedy Working Motorcycle (SWM). Mesin yang sama juga dipakai oleh motor adventure SWM Superdual. Kalau ditarik lagi ke belakang, mesin yang ini merupakan milik Husqvarna TE 630 lansiran tahun 2012 yang kini sudah tidak dipakai lagi oleh Husky, tapi kemudian lisensi produksi/penggunaan mesin didapatkan oleh SWM. Namanya mesin satu silinder, bisa dipastikan memiliki jambakan torsi yang sangat beringas!

ajp-motos-intermot-2016-001

Sampai sekarang AJP memang belum merilis secara resmi PR7. Namun, motor ini sudah kerap nongol dari pameran ke pameran. Bahkan AJP juga sering menampilkan foto dan video pengetesan PR7. Kalau melihat fisik motor, mesin, foto, dan video yang disebarkan oleh AJP, boleh dibilang PR7 bukanlah sekedar motor adventure. Kenapa? PR7 memiliki fisik yang amat jauh lebih slim dibandingkan dengan motor adventure kebanyakan. Kemudian dengan kapasitas 600 cc, mesinnya hanya mengandalkan satu silinder. Jadi bisa dipastikan PR7 memiliki kemampuan off road yang sangat baik ketimbang motor adventure lain berkapasitas serupa. Tapi keunggulan itu tadi juga menimbulkan kekurangan. Negatifnya PR7 jadi kurang nyaman digunakan untuk perjalanan adventure jarak jauh karena jok sempit membuat bokong cepat lelah, tangki bahan bakar kecil bikin rider rajin mampir SPBU, dan mesin satu silinder jelas memberikan efek vibrasi lebih besar daripada mesin dua silinder atau lebih.

AJP-PR7-2017-004

AJP-PR7-2017-003

AJP-PR7-2017-002

AJP-PR7-2017-001

Advertisements