KTM Keluarkan Teaser Duke Generasi Terbaru… Rilis di EICMA 2016!

2017-ktm-duke-teased

KTM akhirnya mengeluarkan foto teaser motor naked sport Duke generasi terbaru. Foto teaser itu hanya berupa headlight khas Duke generasi baru dengan bentuk sangat agresif, seperti headlight model split (terbelah dua). Rupa headlight seperti ini memang sudah nggak asing lagi mas bro… Kenapa? Karena generasi baru Duke sudah beberapa kali terjepret kamera ketika sedang menjalani pengujian di jalanan, mulai dari dari Duke 390, Duke 200, hingga Duke 125. Satu-satunya varian yang absen terjepret kamera adalah Duke 250. Tapi dari segi penampilan, bisa dipastikan Duke 250 mirip dengan Duke 125, Duke 200, dan Duke 390!!

Setelah mengumbar teaser, bisa dipastikan KTM bakal memperkenalkan Duke 125/200/250/390 model year 2017 di EICMA pada 8 November 2016 nanti. Kemunculan Duke generasi terbaru sekaligus untuk menggantikan Duke generasi lawas. Kalau Duke model lawas memiliki style yang cenderung kalem namun sangat berwibawa, Duke terbaru kesannya sangat agresif. Itu bisa dilihat dari headlight, shroud, dan tangki bahan bakar yang serba meruncing. Yah, mungkin Duke under 400 cc terbaru menganut style yang mirip dengan 1290 Super Duke dengan kesan garang.

Kalau penampilannya berubah, bagaimana dengan sektor mesin? Kabarnya mesin Duke generasi terbaru nggak mengalami banyak perubahan dibandingkan dengan model lawas. Perubahan yang mencolok adalah mesin baru sudah lulus Euro 4, menggunakan knalpot berukuran besar di samping (bukan lagi underbelly muffler), dan kabarnya memiliki power delivery yang lebih smooth sehingga lebih minim vibrasi. Selain itu, kabarnya power Duke terbaru bakal lebih besar daripada Duke lawas. Sayangnya performa secara umum sama alias memiliki power-to-weight ratio yang sama karena Duke generasi baru memiliki bobot lebih berat.

Nah… Bisa dipastikan Duke generasi terbaru bakal masuk ke Indonesia karena motor ini menggantikan model lawas dan diproduksi di plant Bajaj di India. Secara penampilan sebenarnya soal selera saja… Kalau mas bro lebih demen dengan style Duke yang sekarang, mending buruan ditebus… Soalnya setelah Duke terbaru nongol di pasaran, Duke lawas dihentikan produksinya. Tapi kalau memang lebih demen dengan desain yang baru, nggak ada salahnya kalau menunggu sampai motor ini masuk ke Indonesia! Oh ya satu lagi… Kemungkinan besar Duke generasi terbaru inilah nantinya yang bakal dirakit di Indonesia oleh PT Penta Jaya Laju Motor (PJLM) selaku distributor resmi street bike KTM sub 400 cc di pabriknya yang berlokasi di Gresik.

ktm-duke-390-model-year-2017-005

Advertisements